Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 21 Okt 2020 06:42 WIB

TRAVEL NEWS

Viral Gowes di Langit, Nyata atau Rekayasa?

Putu Intan
detikTravel
BOLIVIAN ALTIPLANO, BOLIVIA - March 02, 2011: 4x4 crossing the Salar de Uyuni, Bolivia. people doing a trek in high altitude in a Toyota Land Cruser 1999.  Toyota is a multinational automaker headquartered in Toyota, Aichi, Japan.
Salar de Uyuni di Bolivia. (Foto: Getty Images/Onfokus)
Bolivia -

Jagad Twitter diramaikan dengan video orang-orang gowes seperti di langit. Jangan salah, mereka ternyata bersepeda di lautan garam Salar de Uyuni Bolivia.

Bersepeda atau gowes memang sedang ngetren belakangan ini. Banyak orang memamerkan kegiatan gowes mereka sembari menunjukkan lokasi gowes yang unik.

Tak terkecuali orang-orang ini yang videonya viral di Twitter lantaran seolah-olah memacu sepeda di langit. Video yang dibagikan akun @pendakilawas pada 17 Oktober 2020 itu memperlihatkan daratan yang seolah bertemu dengan langit.



"Video ini dibuat di Bolivia di Salar de Uyuni, dimana langit dan bumi bertemu...Sepanjang tahun the salar (tambang garam terbuka) biasanya selalu kering, tetapi pada saat hujan di musim panas, terjadilah genangan air.

"Ketika itu terjadi, ladang garam terluas di dunia ini menjadi cermin yang merefleksikan langit dan pemandangan sekitarnya, inilah saat 'Surga dan Bumi bertemu'. So beautiful, so amazing,"tulis akun itu.

Sampai Selasa (20/10/2020) siang, postingan itu sudah disukai 67 ribu pengguna dan mendapatkan lebih dari 1.000 komentar. Netizen dibuat takjub dengan pemandangan lautan garam yang terkesan bak di negeri dongeng itu.

"Kek lagi di negeri dongeng yawloh. Ini aku nyanyi let it go let it go berasa kek rapunsel beneran dah,"kata seorang netizen.

"Asli ini cantik banget nikmat Tuhan mana yang kau dustakan,"komentar yang lainnya.

Salar de Uyuni di BoliviaSalar de Uyuni di Bolivia saat musim panas. Foto: (Sarah Duff/CNN)

Ngomong-ngomong tentang Salar de Uyuni, detikTravel sempat beberapa kali mengulas tentang tempat ini. Salar de Uyuni terletak di Uyuni, sebelah barat daya Bolivia dan dekat dengan Chile.

Tempat ini merupakan salah satu bagian dari Danau Michin yang merupakan danau besar saat zaman prasejarah. Danau ini kemudian mengering dan menyisakan garam-garam dari bawah permukaan yang jenuh.

Padang garam seluas 10.582 kilometer ini memang menyuguhkan pemandangan menawan bak cermin di musim hujan. Garam tidak akan larut dengan air hujan sehingga tempat ini memantulkan cahaya dan terlihat seolah langit dan bumi menyatu.

Berbeda dengan di musim panas, lokasi ini justru digandrungi pecinta off road sebab lautan garam akan berubah menjadi padang garam dengan trek yang cukup ekstrem.

Salar de Uyuni BoliviaSalar de Uyuni Bolivia. Foto: CNN Travel

Jika beruntung, traveler juga dapat bertemu dengan flamingo yang mencari makan di sana. Maklum, lokasi Salar de Uyuni ini berdekatan dengan Laguna Colorado yang menjadi habitat para flamingo.

Nah saking cantiknya tempat ini, Salar de Uyuni juga menjadi lokasi syuting film kenamaan lho. Bisa tebak? Ya, Star Wars: The Last Jedi menggunakan padang garam ini untuk dijadikan latar Planet Crait.

Jika pandemi sudah teratasi dan perbatasan negara telah dibuka, cobalah menengok secara langsung keindahan Salar de Uyuni. Traveler dapat memesan paket tur yang menempuh jalur Uyuni atau Tupiza di Bolivia atau San Pedro de Atacama di Chile.



Simak Video "Presiden Bolivia Positif Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA