Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 22 Okt 2020 09:02 WIB

TRAVEL NEWS

Selain Gede Pangrango, Gunung Ini Juga Pernah Dinodai Turis Bugil

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Gunung Kinabalu
Ilustrasi Gunung Kinabalu di Sabah, Malaysia (Endah Kurnia WIrawati/d'Traveler)
Cianjur -

Baru-baru traveler pecinta gunung dibuat heboh akan unggahan foto bugil pendaki di Gunung Gede Pangrango. Namun, aksi serupa pernah terjadi di gunung lain.

Sebelumnya, foto-foto pendaki yang berpose bugil itu diunggah oleh akun Instagram @mountnesia pada Rabu kemarin (21/10). Akun itu mengunggah dua foto pendaki berpose bugil beserta keterangannya.

"Dalam IG pribadinya juga nampak foto foto bugil di berbagai tempat lainnya. Sepertinya pelaku sudah biasa berpose foto bugil dan diupload di medsos pribadinya," ujar admin mountnesia.

Untuk informasi, kejadian pendaki yang berpose atau foto bugil di gunung bukan kali ini pertama terjadi. Dihimpun detikTravel, Kamis (22/10/2020), kejadian serupa juga pernah terjadi di Gunung Kinabalu, Malaysia, tahun 2015 silam.

Kronologisnya, saat itu didapati ada sekitar 10 turis asing yang berfoto bugil di puncak gunung tersebut. Di mana oleh warga lokal, aksi mereka disebut memicu kemarahan Dewa dan berakhir pada gempa dahsyat.

Masalahnya, lokasi di mana turis berpose bugil tersebut diyakini sebagai lokasi peristirahatan roh-roh yang telah tiada. Lagipula tindakan bugil di tempat umum seperti gunung, tentunya juga tidak dapat dibenarkan.

Terlepas dari kepercayaan penduduk adat setempat yang mengaitkan gempa Kinabalu dengan ulah turis yang bugil sembarangan, pemuka adat memberikan sanksi berupa 10 kerbau bagi para turis nakal. Jika sanksi tersebut tidak disanggupi, para turis nakal itu akan dipenjara selama tiga bulan masa kurungan.

"Turis yang membuat marah penunggu gunung harus menebus kesalahan mereka dengan memberi Sogit (sanksi) dalam bentuk 10 kerbau jantan atau betina," ujar kepala adat setempat yang bernama Tindarama Aman Sirom Simbuna, seperti diberitakan Daily Mail.

Selain diberi sanksi adat berupa wajib membayar denda 10 kerbau jantan atau betina, kesepuluh turis nakal itu juga disidang dan terpaksa berurusan dengan hukum setempat. Makanya tidak usah aneh-aneh di gunung apalagi berpose bugil di gunung seperti Gunung Gede Pangrango.



Simak Video "Tempat Karaoke di Cianjur Dirazia, Ada Tamu Positif Narkoba"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA