Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 23 Okt 2020 15:17 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Persiapan Bandara Soekarno-Hatta Sambut Warga Singapura

Putu Intan
detikTravel
Kini, persyaratan penerbangan dari dan ke Bali semakin mudah. Mulai 5 Juli 2020 lalu, calon penumpang cukup surat keterangan bebas corona dari rapid test.
Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Selain melalui Batam, warga Singapura juga diizinkan masuk Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta Tangerang. Jelang berlakunya kebijakan itu pada 26 Oktober 2020, ini persiapan Bandara Soetta.

Dilihat detikcom dari situs PT Angkasa Pura II, saat ini Bandara Soekarno-Hatta tengah melakukan persiapan skema Travel Corridor Arrangement (TCA) antara Indonesia-Singapura bersama Otoritas Bandara, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes), Imigrasi, Bea Cukai, Balai Karantina, maskapai, pihak ground handling.

"Salah satu yang tengah disiapkan di Bandara Soekarno-Hatta adalah laboratory test facilities untuk melakukan PCR test kepada para penumpang dari Singapura yang termasuk di dalam skema TCA," kata President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin.

Nantinya setiap warga Singapura yang masuk akan mengikuti alur khusus. Dimulai dari mendarat di terminal kedatangan, menuju check point clearance aplikasi e-HAC, lalu memproses imigrasi dan bea cukai. Setelah itu mereka wajib menuju check point untuk melakukan tes PCR.

Sebelum melakukan TCA dengan Singapura, Bandara Soekarno-Hatta telah terlebih dahulu melakukan TCA bersama 3 negara yakni Uni Emirat Arab (UEA), Korea Selatan, dan China.

Skema kerja sama tersebut secara efektif berlaku mulai 29 Juli 2020 untuk UEA, 17 Agustus 2020 untuk Korea Selatan, dan 20 Agustus 2020 untuk China.

"Skema TCA antara Indonesia dan Uni Emirat Arab, Korea Selatan, dan Tiongkok selama ini berjalan lancar di bandara-bandara PT Angkasa Pura II yang ditunjuk sebagai titik masuk seperti Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Kualanamu. PT Angkasa Pura II berkomitmen untuk selalu menjaga konektivitas internasional di Indonesia," ujar Muhammad Awaluddin.

Sama seperti Singapura, saat ini yang baru diizinkan masuk hanya pelancong untuk tujuan bisnis.

"TCA ini bertujuan untuk memfasilitasi kemudahan perjalanan khusus bisnis, ekonomi, diplomatik dan dinas," kata Muhammad Awaluddin.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, persiapan penyambutan warga Singapura juga sudah dilakukan di Batam. Mereka akan masuk melalui Terminal Ferry Batam Center untuk kemudian menjalani tes PCR dan pemeriksaan administratif lainnya. Selain itu, Batam juga sudah menyiapkan 10 hotel untuk karantina.

(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA