Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 25 Okt 2020 06:45 WIB

TRAVEL NEWS

Jerman-Denmark Bikin Terowongan Terendam Terpanjang di Dunia

Terowongan Fehmarnbelt Jerman-Denmark
Terowongan Fehmarnbelt Jerman-Denmark (Foto: CNN)

Pekerjaan Terowongan Fehmarnbelt dimulai

Proyek ini dimulai pada tahun 2008, ketika Jerman dan Denmark menandatangani perjanjian untuk membangun terowongan. Kemudian membutuhkan waktu lebih dari satu dekade untuk membuat undang-undang dan disahkan oleh kedua negara hingga studi dampak geoteknik dan lingkungan.

Semua prosesnya selesai di pihak Denmark, di Jerman sejumlah organisasi termasuk perusahaan feri, kelompok lingkungan mengajukan banding atas persetujuan proyek tersebut. Ada klaim persaingan tidak sehat dan masalah lingkungan.

Kini, sebuah pelabuhan baru sedang dibangun di Rødbyhavn, di Lolland. Pada awal 2021 sebuah pabrik akan dibangun di belakangnya dengan enam jalur produksi untuk merakit 89 bagian beton besar yang akan membentuk terowongan.

Setiap bagian akan memiliki panjang 217 meter, lebar 42 meter, dan tinggi 9 meter. Dengan berat masing-masing 73.000 metrik ton, bagian terowongan akan seberat lebih dari 13.000 gajah.

Ruas-ruas Terowongan Fehmarnbelt tersebut akan ditempatkan tepat di bawah dasar laut, sekitar 40 meter di bawah permukaan laut pada titik terdalam. Pemindahannya menggunakan kapal tongkang dan derek.

Bakal ada 2.500 orang akan diperkerjakan pada proyek konstruksi ini. Penempatan ruas Terowongan Fehmarnbelt tersebut akan memakan waktu sekitar tiga tahun.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA