Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 26 Okt 2020 08:12 WIB

TRAVEL NEWS

Hati-hati, Iguana di Amerika Sekarang Lebih Tahan Dingin

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Iguan and her meal
Foto: Ilustrasi Iguana (Getty Images/iStockphoto/Suzana Dreno)
Miami -

Ada fenomena unik di Amerika Serikat. Banyak iguana ditemukan jatuh dari atas pohon dalam keadaan membeku. Tapi, kini mereka sudah beradaptasi dan tahan dingin.

Jika traveler berada di Florida, Amerika Serikat hati-hati saja dengan fenomena berikut ini, kejatuhan iguana dari atas pohon. Sudah banyak warga yang melaporkan fenomena alam tersebut.

Dilansir detikTravel dari CNN, Senin (26/10/2020), iguana yang dilaporkan jatuh dari atas pohon di Florida ditemukan dalam keadaan badan yang mematung dan tidak bergerak, seperti sedang mati atau pingsan, padahal mereka masih hidup.

Suhu udara yang dingin dilaporkan menyebabkan iguana-iguana tersebut jatuh dari pohon. Tubuhnya membeku sesaat, mengakibatkan pegangannya lepas dan kemudian jatuh ke tanah.

"Ketika suhu udara turun di bawah titik kritis, kadal seperti iguana akan kehilangan kemampuan mereka untuk bergerak. Seringnya itu terjadi di malam hari, sementara iguana akan tidur di siang hari," kata James Stroud, peneliti postdoctoral di Washington University.

Banyak keluarga kadal, termasuk iguana yang menjadikan pohon sebagai tempat mereka tidur di malam hari. Jadi waspada saja jika lewat atau berada di bawah pohon saat malam hari, bisa-bisa traveler kejatuhan iguana.

"Banyak jenis kadal yang tidur di atas tanah. Mereka biasa tidur dengan nyaman di antara dedaunan dan cabang pohon. Mereka bisa saja kehilangan pegangan saat suhu turun di bawah titik kritis mereka," kata James.

Namun menurut James dan peneliti yang lain, Iguana itu sudah beradaptasi dan mampu bertahan dengan suhu yang lebih dingin. Hewan reptil tersebut ternyata mampu memulihkan diri dengan cepat.

"Iguana itu ditempatkan di ruangan bersuhu dingin, kemudian suhu badannya dicatat. Rupanya suhunya bisa menyesuaikan suhu ruangan. Iguana lalu dikembalikan ke suhu ruang, setiap Iguana dalam penelitian ini bisa kembali sehat hanya dalam beberapa menit saja," ujar James.



Simak Video "Pameran Satwa Jakarta, Tempat Berkumpulnya Para Pecinta Binatang"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA