Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 27 Okt 2020 15:43 WIB

TRAVEL NEWS

Jelang Libur Cuti Bersama, 55% Kamar Hotel di DIY Sudah Terisi

Pradito Rida Pertana
detikTravel
Ilustrasi hotel Yogyakarta
Ilustrasi hotel di Yogyakarta. Foto: (Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY menyebut jelang libur cuti bersama Oktober 2020, ada 55 persen kamar hotel yang telah direservasi wisatawan. PHRI menjamin penerapan protokol kesehatan di semua penginapan.

"Sampai hari ini sudah terisi 55 persen, dan 55 persen reservasi yang masuk itu merata untuk hotel bintang, maupun non bintang," kata Ketua PHRI DIY, Deddy Pranowo Eryono saat dihubungi detikcom, Selasa (27/10/2020).

"Untuk reservasinya dari Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Jakarta, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan. Mereka rata-rata menginap dua hari," imbuh Deddy.

Deddy menyebut fenomena tersebut menjadi angin segar bagi sektor pariwisata yang sangat terdampak pandemi COVID-19. Mengingat dari informasi PHRI, wisatawan dari berbagai daerah dipastikan mengunjungi Yogyakarta selama libur panjang akhir pekan.

"Ini jadi angin segar bagi kita. Apalagi kerjasama kami dengan moda transportasi juga membuahkan hasil," ucapnya.

Selain itu, Deddy meminta agar wisatawan tidak perlu mengkhawatirkan keamanan dan kenyamanannya selama menginap di Yogyakarta. Pasalnya sebanyak 110 hotel berbintang dan non bintang di bawah naungan PHRI sudah lolos verifikasi penerapan protokol kesehatan.

"Total 138 dari 168 hotel dan restoran di Yogyakarta sudah terverifikasi. Prosesnya masih jalan terus sampai hari ini, karena antre," katanya.

Deddy menambahkan, bahwa semua itu dilakukan agar tidak muncul kluster baru pasca libur panjang akhir pekan kali ini. Pasalnya hingga saat ini pandemi COVID-19 belum berakhir.

"Kita tidak mematok target ya, tapi semua harus terverifikasi. Kita harus mencegah adanya klaster penularan baru dari sektor hotel dan restoran," ucapnya.



Simak Video "Napi di Makassar Curi Mobil Bermodalkan Telepon"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA