Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 02 Nov 2020 18:23 WIB

TRAVEL NEWS

Evaluasi Cuti Bersama di Jateng: Turis Positif COVID-19 dan Penutupan Umbul

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengevaluasi cuti bersama (Angling Adhitya Purbaya/detikTravel)

2 Objek Wisata Jateng Ditutup

Sementara itu Kepala Disporapar Jateng, Sinoeng N Rachmadi, mengatakan ada dua lokasi wisata air yang seharusnya belum diperbolehkan beroperasi namun tetap buka. Sudah begitu, ditemukan ada pengunjung yang positif COVID-19.

Sinoeng pun memutuskan untuk menutup objek wisata itu.

"Di Umbul Ponggok dan Pelem Klaten tidak direkomendasikan untuk buka tapi tetap buka, kemudian diberikan teguran," kata Sinoeng.

"Di Umbul Ponggok dan Pelem Klaten, yang Klaten itu ada dua, kami ambil tindakan karena memang tidak direkomendasikan dibuka tapi mereka buka," dia menambahkan.

Koordinasi dengan dinas kesehatan Klaten dan dinas kesehatan daerah asal pasien tersebut dilakukan. Tracing dilakukan kepada kelompok dari yang bersangkutan dan keluarganya.

Satgas di Umbul PelemSatgas di Umbul Pelem Foto: (Achmad Syauqi/detikcom)

"Koordinasi dengan Dinkes karena kemarin diidentifikasi mereka dari kabupaten tetangga, tapi masih di Solo Raya," ujarnya.

Terkait penutupan dua tempat wisata itu, Sinoeng menjelaskan sebenarnya sudah ada Instruksi Gubernur Jateng nomor 2 tahun 2020 tentang adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi yang juga membahas wisata air untuk tidak dibuka terlebih dahulu.

"Temuan di Ponggok dan Pelem ya beri teguran, sementara ditutup, sampai batas waktu belum ditentukan. Pedomannya ada Ingub nomor 2 tahun 2020," ujarnya.


Untuk Borobudur, meski ditemukan kasus COVID-19, tidak dilakukan penutupan karena wisatawan yang diketahui positif COVID-19 belum masuk kawasan wisata karena terlebih dahulu dilakukan rapid test di luar.

"Borbudur ada di luar, protokol sudah betul, dia belum sempat masuk. Di umbul itu sudah sempat masuk," katanya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Taman Wisata Candi Borobudur Bersiap Dibuka untuk Wisatawan"
[Gambas:Video 20detik]

(alg/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA