Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 05 Nov 2020 11:10 WIB

TRAVEL NEWS

Syarat dan Harga Umroh 2020, Buat yang Ingin ke Tanah Suci saat Pandemi

Rosmha Widiyani
detikTravel
Wabah virus Corona juga meneror kawasan Masjidil Haram. Kakbah sempat dikosongkan pada Kamis (5/3) waktu setempat usai Salat Ashar untuk disterilkan antisipasi penyebaran virus tersebut.
Ilustrasi Kabah (dok. Haramain Info)
Jakarta -

Umat Islam kembali bisa menunaikan umroh setelah pemerintah Arab Saudi sempat menutup layanan ini karena pandemi. Tentunya ada syarat yang harus dipatuhi dan harga yang dibayar jamaah umroh 2020 selama beribadah.

Bagi muslim Indonesia, syarat dan harga umroh 2020 tercantum dalam Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 719 Tahun 2020. Aturan membahas Pedoman Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umroh pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019.

Berikut syarat dan harga umroh 2020 sesuai KMA Nomor 719/2020

A. Syarat calon Jemaah umroh 2020

1. Usia sesuai ketentuan Pemerintah Arab Saudi (18 - 50 Tahun)
2. Tidak memiliki penyakit penyerta atau komorbid (wajib memenuhi ketentuan Kemenkes RI)
3. Menandatangani surat pernyataan tidak akan menuntut pihak lain atas risiko yang timbul akibat COVID-19
4. Bukti bebas COVID-19 (dibuktikan dengan asli hasil PCR/SWAB test yang dikeluarkan rumah sakit atau laboratorium yang sudah terverifikasi Kemenkes dan berlaku 72 jam sejak pengambilan sampel hingga waktu keberangkatan atau sesuai ketentuan Pemerintah Arab Saudi).

B. Biaya Penyelenggaraan Ibadah Umrah umroh 2020

1. Biaya penyelenggaraan ibadah umrah mengikuti biaya referensi yang telah ditetapkan Menteri Agama.
2. Biaya sebagaimana dimaksud pada poin 1 dapat ditambah dengan biaya lainnya berupa pemeriksaan kesehatan sesuai dengan protokol COVID-19, biaya karantina, pelayanan lainnya akibat terjadinya pandemi COVID-19.

C. Ketentuan Lain-Lain terkait umroh 2020

1. Dalam hal jamaah telah membayar Biaya Perjalanan Ibadah Umrah sebelum KMA ini ditetapkan, PPIU dapat menetapkan biaya tambahan.
2. Bagi jamaah yang tidak bersedia membayar biaya tambahan, diberikan hak sebagai berikut:

  • Mengajukan penjadwalan ulang keberangkatan atau
  • Mengajukan pembatalan keberangkatan.

3. Bagi jamaah yang membatalkan keberangkatannya berhak mengajukan pengembalian biaya yang telah dibayarkan.
4. Pengembalian biaya umroh sebagaimana dimaksud pada poin 3 adalah sebesar biaya paket layanan setelah dikurangi biaya yang telah dibayarkan PPIU kepada penyedia layanan yang dibuktikan dengan bukti pembayaran yang sah.
5. PPIU wajib mengembalikan biaya paket layanan kepada jamaah setelah penyedia layanan mengembalikan biaya layanan yang telah dibayarkan kepada PPIU.

Terkait harga umroh 2020, penetapannya dipengaruhi berbagai hal misal layanan yang diterima jamaah. Saat ini Saudi hanya membuka hotel bintang lima untuk jamaah umroh 2020 yang berada di pelataran Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

"Untuk sementara, hotel bintang tiga dan empat belum tersedia untuk jamaah umroh 2020. Jika ditambah biaya tax maka biaya umroh 2020 menjadi Rp 29-30 juta," kata Direktur MQ Travel Rinnu Hidayati.

Rinnu menyarankan masyarakat berhati-hati jika ada yang menawarkan biaya umroh 2020 kurang dari Rp 25 juta. Calon jamaah jangan sampai tertipu oknum penyelenggara ibadah umroh karena harga yang murah.



Simak Video "4 Oktober, Arab Saudi Kembali Buka Umroh Secara Bertahap"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA