Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 12 Nov 2020 17:40 WIB

TRAVEL NEWS

Travelling ke Sulawesi di Masa Pandemi? Yuk, Ikuti Virtual Tour ini!

Angga Laraspati
detikTravel
Sunset di Pulau Selayar
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Berlibur telah menjadi kebutuhan bagi setiap orang yang memiliki kesibukan dalam kehidupan sehari-hari. Berlibur pun kini tak perlu pergi jauh-jauh, karena #DiIndonesiaAja kamu sudah bisa menemukan berbagai nirwana cantik dan memesona yang mampu membuatmu berdecak kagum.

Sayangnya, di masa pandemi kegiatan travelling menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Mengingat penyebaran virus belum dapat dikendalikan secara sempurna. Tetapi, beberapa tempat wisata pun sudah mulai membuka dirinya untuk menyambut para pelancong dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Nah, buat kamu yang masih takut untuk bepergian karena pandemi kali ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengajak kamu untuk menjelajahi Indonesia hanya dari rumah. Kok bisa? Ini karena Kemenparekraf mengadakan sebuah program virtual travelling menjelajah nusantara.

Pada kegiatan kali ini, kamu akan diajak ke berbagai tempat secara virtual yang pastinya cuma #DiIndonesiaAja. Apa saja ya tempatnya? Berikut ini adalah daftarnya.

Poso, Sulawesi Tengah

Salah satu situs megalit di Poso (Foto: Shutterstock)

Kita akan memulainya di Provinsi Sulawesi Tengah untuk mengunjungi Negeri 1.000 megalit purba, Poso. Ya, Kabupaten ini memang menyimpan rahasia yang belum diketahui orang banyak yaitu kebudayaan artefak megalitikum yang terhampar di beberapa titik.

Terletak di sebuah lembah bernama Lembah Bada, kawasan megalitikum ini akan menghadirkan pengalaman berwisata yang tak akan terlupakan. Dikelilingi gunung dan juga hamparan rumput hijau, membuat setiap detik di tempat ini akan terasa menyenangkan.

Kamu pun juga akan diajak untuk berkeliling ke beberapa situs megalitikum yang ada di Poso secara virtual. Berbagai informasi menarik juga akan disajikan tentang cerita dan juga sejarah dari beberapa situs megalit purba tersebut yang akan dijelaskan langsung oleh pemandu wisata yang ahli di bidangnya.

Palu, Sulawesi Tengah

Jembatan Kuning di Palu (Foto: Shutterstock)

Seperti yang kamu ketahui, Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi gempa bumi besar. Beberapa daerah pun pernah mengalami gempa bumi dahsyat beberapa tahun belakangan ini, salah satunya adalah Palu, Sulawesi Tengah.

Pada 2018, Palu dilanda gempa bumi dengan gelombang tsunami yang melanda pantai barat Sulawesi. Bencana tersebut pun meluluhlantakkan beberapa tempat di Palu akibat dahsyatnya gempa dan juga gelombang tsunami saat itu.

Namun, hal tersebut tidak menyurutkan semangat masyarakat Palu dalam membangun Kota Lima Dimensi ini. Beberapa tempat pun kini sudah mulai kembali seperti semula dan bahkan ada yang lebih bagus dari sebelumnya. Jejak-jejak gempa dan tsunami di Palu pun didiamkan untuk mengenang bencana yang terjadi saat itu.

Kamu pun juga dapat mengetahui beberapa jejak gempa dan tsunami Palu lewat tour virtual kali ini. Pemandu wisata yang berpengalaman akan mengajak kamu ke beberapa tempat dan akan memberikan informasi terkait gempa dan tsunami yang pernah menerjang Palu. Tertarik?

Enrekang, Sulawesi Selatan

Pesona dataran tinggi Enrekang (Foto: Shutterstock)

Mungkin banyak yang belum mengetahui tempat wisata ini. Ya, dataran tinggi Enrekang merupakan salah satu dataran tinggi yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan atau lebih tepatnya sebelah selatan dataran tinggi Tana Toraja. Di kawasan ini, menjulang Gunung Rantemario dengan tinggi 3.478 m.

Keindahan kawasan Enrekang pun bisa membuatmu terpincut karena hamparan hutan hijau yang luas dengan tebing-tebing menjulang mampu memberikan panorama spektakuler. Bumi Massenrempulu ini juga menghadirkan beberapa spot wisata menarik seperti Sungai Laburang Gallang yang masih perawan.

Itu juga yang akan dihadirkan pada virtual tour kali ini, kamu akan diajak untuk menjelajahi Bumi Massenrempulu selama 1,5 jam bersama pemandu yang berlisensi. Petualangan kamu juga akan lebih seru karena kamu tetap bisa berada di rumah saja sambil menikmati keindahan Enrekang.

Makassar, Sulawesi Selatan

Fort Rotterdam di Makassar (Foto: Shutterstock)

Makassar adalah Ibu Kota dari Provinsi Sulawesi Selatan yang memiliki berjuta-juta cerita unik yang pastinya tidak bisa kamu lewatkan. Kota Pelabuhan yang bersejarah ini menjadi tempat bagi beberapa suku yang ada di Indonesia.

Ada beberapa tempat menarik yang bisa kamu datangi bila ke kota yang memiliki Pantai Losari sebagai ikonnya. Beberapa situs bersejarah pun tersebar di beberapa titik di kota yang memiliki kuliner khas coto Makassar ini. Misalnya, Benteng Rotterdam yang sudah berdiri sejak abad ke-17.

Pada tur virtual kali ini, kamu pun berkesempatan untuk mengunjungi benteng tersebut dan mengetahui sejarahnya langsung dari pemandu wisata yang berpengalaman. Nikmati juga pemandangan matahari terbenam dari atas kapal pinisi yang bakal memberikan pengalaman tak terlupakan.

Pulau Selayar, Sulawesi Selatan

Keindahan bawah laut Pulau Selayar. Foto: Shutterstock

Mengaku pencinta laut? Kurang afdol rasanya kalo belum menjelajahi spot-spot ciamik dengan pemandangan laut yang memesona. Salah satunya bisa kamu temukan di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan yang memiliki hamparan panorama laut yang mengagumkan dan juga tak mungkin dilupakan.

Hamparan pasir putih dan juga birunya lautan khas Indonesia Timur siap untuk menyambut kamu dan mengundang kamu untuk langsung lompat ke dalam air. Masyarakat di Kepulauan Selayar juga sangat menjaga ekosistem laut yang ada di sekitarnya, jadi wajar saja laut di sekitar kawasan ini sangat bersih dan juga asri.

Buat kamu yang penasaran tentang keindahan dunia bawah laut di Kepulauan Selayar, tur virtual kali ini kamu akan diajak menyelam menikmati cantiknya biota-biota laut yang ada. Kamu pun juga akan diajak untuk berkeliling mengitari pantai-pantai indah yang tentunya tak bisa kamu lewatkan.

Itu tadi beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi pada program virtual travelling menjelajah Nusantara. Selain kelima tempat tersebut, ada beberapa tempat juga dikunjungi seperti Toraja, Morotai, Lombok, Sumba, dan Barru.

Cara untuk menikmati keindahan Indonesia secara virtual ini juga sangat murah, dengan Rp 50.000, kamu sudah bisa menjelajahi tempat yang ingin kamu datangi, yang tentunya hanya #DiIndonesiaAja.

Program ini bisa kamu nikmati hingga tanggal 27 November nanti! Untuk informasi terkait program ini, kamu bisa lihat di sini.



Simak Video "Keliling Indonesia Sambil Rebahan Di Rumah Aja"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA