Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 13 Nov 2020 06:41 WIB

TRAVEL NEWS

Spesies Lutung Ini Baru Ditemukan, Eh Sudah Terancam Punah

Lutung Popa Myanmar
Lutung Popa Myanmar, spesies primata baru yang terancam punah (Foto: CNN)

Kekhasan Lutung Popa

Ada petunjuk lain bahwa lutung popa adalah spesies yang baru. Ada perbedaan di panjang ekor, warna bulu, dan bentuk tengkoraknya dan analisis genetik yang akan memastikannya.

Lutung popa kemungkinan pernah tersebar luas di seluruh Myanmar tengah, tetapi hanya beberapa kelompok yang selamat. Kini, individu yang tersisa hanya tinggal di empat tempat yang terisolasi.

Habitat di Gunung Suci Popa

Populasi terbesar ada di Gunung Popa, rumah bagi lebih dari 100 lutung. Gunung Popa adalah situs ziarah suci yang juga merupakan rumah bagi suaka margasatwa yang penting, tetapi lutung popa tetap terancam punah.

Gunung Popa merupakan taman nasional, artinya spesies yang ada di sana dilindungi secara hukum. Namun perburuan dan penggundulan hutan untuk industri perkayuan dan kayu bakar masih saja terjadi.

Ancaman lain di sana termasuk perambahan pertanian, degradasi lingkungan, dan gangguan lain pada lahan seperti penggembalaan ternak.

Studi tersebut mendesak lembaga internasional seperti International Union for Conservation of Nature (IUCN) dan Convention on International Trade in Endangered Species (CITES) untuk menambahkan lutung popa ke daftar spesies terancam mereka.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA