Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 15 Nov 2020 18:11 WIB

TRAVEL NEWS

Lebaran 2021 Kapan dan Bulan Apa? Berikut Informasinya

Puti Yasmin
detikTravel
lebaran
Ilustrasi suasana lebaran (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Menjelang berakhirnya tahun 2020, sejumlah netizen sudah mencari informasi terkait libur lebaran 2021 untuk menyusun rencana liburan. Nah lebaran 2021 kapan dan bulan apa ya, berikut ini informasinya.

Dilihat dalam kalender tahun 2021, bulan puasa atau Ramadhan tahun depan akan dimulai pada 12 April. Namun untuk kepastian, redaksi menyarankan detikers untuk menunggu pengumuman resmi pemerintah.

Pemerintah melalui Kementerian Agama akan menggelar sidang Isbat untuk menentukan awal bulan Ramadhan 1442 Hijriyah. Sidang Isbat dilakukan setelah lebih dulu dilakukan hisab atau rukyat untuk melihat hilal atau bulan baru.

Lantas, lebaran 2021 kapan dan bulan apa?

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2021, Lebaran Idul Fitri 2021 diperkirakan akan jatuh pada tanggal 13-14 Mei 2021.

Kemudian, kalender 2021 hari Raya Idul Fitri akan diikuti dengan cuti bersama selama empat hari, yakni pada tanggal 12, 17, 18, dan 19 Mei. Sehingga libur Lebaran 2021 akan berlangsung selama delapan hari (Sabtu Minggu 15-16 Mei).

Sementara itu, dalam Quran surat Yunus ayat 58 Allah SWT berfirman mengenai perayaan Idul Fitri. Allah berfiman bahwa banyak rahmat dan karunia dalam hari raya tersebut.

Arab: قُلْ بِفَضْلِ اللّٰهِ وَبِرَحْمَتِهٖ فَبِذٰلِكَ فَلْيَفْرَحُوْاۗ هُوَ خَيْرٌ مِّمَّا يَجْمَعُوْنَ

Latin: qul bifaḍlillāhi wa biraḥmatihī fa biżālika falyafraḥụ, huwa khairum mimmā yajma'ụn

Artinya: Katakanlah (Muhammad), "Dengan karunia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Itu lebih baik daripada apa yang mereka kumpulkan."

Nah, detikers sudah tahu kan Lebaran 2021 kapan dan bulan apa?



Simak Video "Batal Naik Haji, Calon Jemaah Haji Tunisia Sumbangkan Uangnya"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA