Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 18 Nov 2020 13:13 WIB

TRAVEL NEWS

10 Sungai Terpanjang di Dunia, Lebih Panjang Nil atau Amazon?

Puti Yasmin
detikTravel
Sungai Amazon
Foto: (iStock)/10 Sungai Terpanjang di Dunia, Lebih Panjang Nil atau Amazon?

6. Sungai Huang He (5.464 km)

Sungai yang berada di daratan China ini juga dikenal dengan nama Hwang He atau sungai Kuning. Nama sungai itu diambil karena aliran sungai di sana berwarna kuning.

Air di daerah ini berasal dari pegunungan Kwen-Lun di Tibet dan bermuara di Teluk Tsi Li di Laut Kuning. Sungai ini juga menjadi sungai yang paling berlumpur di dunia karena ada 2,04 miliar ton tanah yang diendapkan setiap tahunnya.

7. Sungai Ob-Irtysh (5.410 km)

Sungai terpanjang ketujuh ini berada di Rusia dan memiliki panjang mencapai 5.410 km. Pada dasarnya, sungai terbagi menjadi dua, yakni Ob dan Irtysh namun digabung menjadi sungai Ob-Irtysh.

8. Sungai Kongo (4.700 km)

Selain terpanjang di dunia, sungai yang berada di benua Afrika ini juga ditetapkan menjadi sungai terdalam di dunia. Tercatat, beberapa titik kedalaman sungai Kongo melebihi 230 meter.

Sungai yang bermuara di Samudera Atlantik ini memiliki debit air rata-rata 41.800 meter kubik per detik. Akibatnya, sungai ditetapkan memiliki debit air terbanyak kedua di dunia.

9. Sungai Amur (4.444 km)

Sungai Amur berada di daratan tiga negara, yakni China, Mongolia dan Rusia. Karena memisahkan antara China dan Rusia, di atas sungai ini dibangun jembatan yang nilai pembangunannya diperkirakan mencapai US$ 358 juta atau setara dengan Rp 5 triliun (kurs Rp 14.000).

10. Sungai Lena (4.400 km)

Sungai Lena menjadi sungai terpanjang di dunia urutan 10. Sungai ini berada di Rusia dengan panjang mencapai 4.400 km dan menjadi salah satu yang terpanjang di Rusia.

Sementara itu, sungai terluas di dunia adalah sungai Gangga. Sungai ini juga menjadi sungai suci bagi umat Hindu di India. Pasalnya, lembah sungai gangga menjadi tempat lahir dan berkembangnya kebudayaan Hindu (Hinduisme).

ibu lempar anak ke sungai ganggaSungai Gangga Foto: istimewa

Selamat belajar sungai terpanjang di dunia!

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Jokowi Targetkan Perbaikan Tanggul Sungai Citarum 2 Hari"
[Gambas:Video 20detik]

(pay/pal)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA