Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 18 Nov 2020 15:42 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Rancangan Baru untuk Kolam Renang Peninggalan Belanda di Ciamis

obyek wisata Kolam Renang Tirta Winaya
Desain Obyek wisata tirta winaya (desain penataan wisata Kolam Renang Tirta Winaya)
Ciamis -

Pemerintah Kabupaten Ciamis serius dalam menata kembali obyek wisata Tirta Winaya. Obyek wisata ini adalah kolam renang legendaris peninggalan Belanda.

Melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis, proses penataan obyek wisata tersebut dalam tahap perencanaan DED (Detail Engineering Desain). Kini DED tersebut tengah dalam pembasahan bersama Bupati Ciamis Herdiat Sunarya.

Melihat dalam desain yang dibuat oleh Dinas Pariwisata ada tiga bagian lokasi, yakni kolam prestasi, kolam rekreasi dan kolam terintegrasi, budidaya ikan koi termasuk food court dan fasilitas penunjang lainnya.

Pada kolam prestasi, ukuran kolam sesuai standar kejuaraan ditambah dengan fasilitas tribun dari kedua sisinya. Rencananya digunakan untuk pembinaan atlet dan even kejuaraan.

Untuk kolam rekreasi, terdapat dua kolam yakni kolam dewasa yang cukup dalam, sedangkan satu kolam lagi khusus untuk anak-anak, dengan beberapa wahana seluncuran yang menarik dan menantang.

obyek wisata Kolam Renang Tirta Winayaobyek wisata Kolam Renang Tirta Winaya Foto: (desain penataan wisata Kolam Renang Tirta Winaya)

Sedangkan kolam terintegrasi, terdapat beberapa fasilitas seperti untuk wahana air, budidaya ikan koi, gazebo dan food court. Selain penataan pada kolam, pembangunan juga dilakukan secara menyeluruh dari mulai pintu masuk hingga beberapa taman di dalamnya.

Sekadar diketahui, selama ini keberadaan Tirta Winaya cukup memprihatinkan karena kurangnya pengunjung. Setelah sebelumnya kolam renang ini sempat merasakan masa kejayaan sampai tahun 90-an.

obyek wisata Kolam Renang Tirta Winayaobyek wisata Kolam Renang Tirta Winaya Foto: (desain penataan wisata Kolam Renang Tirta Winaya)

Kolam renang ini bisa dikatakan sebagai kolam legendaris, yang banyak digunakan untuk anak-anak sekolah pada masa lalu. Bahkan untuk latihan para atlet renang.

Namun, diduga kurang bisa bersaing dengan obyek wisata buatan lainnya membuat pengunjung berkurang sehingga perawatan menjadi tidak maksimal, bahkan sempat terbengkalai.

"Saat ini kita ekspos DED penataan kolam renang Tirta Winaya untuk mendapat beberapa masukan dan koreksi. Alhamdulillah semua setuju dengan rancangan ini. Hanya ada beberapa masukan tambahan, seperti pada tribun di kolam prestasi agar tidak terlalu banyak tiang, supaya tidak menghalangi penonton," ujar Kepala Dinas Pariwisata Ciamis Wasdi, di Kantor Setda, Rabu (18/11/2020).

Untuk menyelesaikan pembangunan penataan kolam renang Tirta Winaya ini, Pemkab Ciamis membutuhkan sekitar Rp 50 miliar. Untuk anggarannya, selain dari APBD Ciamis juga akan mengajukan ke provinsi dan pemerintah pusat.

obyek wisata Kolam Renang Tirta Winayaobyek wisata Kolam Renang Tirta Winaya Foto: (desain penataan wisata Kolam Renang Tirta Winaya)

Hanya saja Wasdi belum bisa memberikan keterangan target waktu untuk penataan destinasi wisata terintegrasi di Ciamis tersebut.

"Mudah-mudahan secepatnya terealisasi. Karena untuk mengajukan anggaran ke provinsi dan pusat salah satu syaratnya harus ada DED. Sekarang hal itu sudah kita tempuh tinggal proses ke depannya," jelasnya.

Sebelumnya, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyebut akan melakukan penataan kolam renang Tirta Winaya menjadi destinasi wisata terintegrasi.

"Sekarang sudah dibuat detail engineering design (DED) untuk pembangunan wisata terintegrasi ini. Sehingga di tahun 2021 ataupun di 2022 pembangunannya telah dilaksanakan.

"DED untuk membangun kawasan wisata berintegrasi ini targetnya tahun 2021 atau 2022 sudah bisa dilaksanakan. Juga kami ada penambahan lahan 2 hektar," ungkapnya.

(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA