Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 21 Nov 2020 06:10 WIB

TRAVEL NEWS

Duet Ibu dan Anak Perempuan yang Terbang di Satu Kokpit

Syanti Mustika
detikTravel
Donna Garrett pilot ibu dan anak
Donna Garrett dan Suzy Garrett pasangan anak dan ibu pilot. (dok Donna Garrett)
Selama berkarier di SkyWest, dia menerbangkan turboprop Fairchild Swearingen Metroliner, Embraer EMB 120 Brasilia dan sekarang Bombardier CRJ200, CRJ700 dan CRJ900 NextGen.

Suzy mengatakan dia tidak menghadapi diskriminasi apapun di kokpit. Dia juga merasa mendapatkan kesempatan yang sama dengan pilot-pilot pria.

Setiap komentar sinis datang dari mereka yang kurang paham dengan pekerjaan itu, tetapi Suzy pernah mengalami pengalaman tak mengenakan dari penumpang atau orang di terminal.

"Di luar profesi, saya harus memenangkan hati orang," katanya.

Dia menjadi terbiasa melihat ekspresi kejutan di wajah penumpang ketika mereka menyadari dialah yang baru saja mendaratkan pesawat. Meski penerbangan masih memiliki masalah keragaman yang mencolok, Suzy mengatakan sangat senang melihat perubahan sikap selama tiga dekade dia terbang.

Berpikir dia mungkin telah membantu menginspirasi wanita muda untuk memasuki industri juga memuaskan," katanya.

"Itu sangat menyenangkan, dan mengetahui bahwa itu benar-benar menginspirasi putri saya adalah lapisan gula pada kuenya."

Donna Garrett pilot ibu dan anakFoto: (dok Donna Garrett)

Ikuti jejak keluarga

Donna mulai terbang di perguruan tinggi, setelah ayah pilotnya mengajarinya tentang tali-temali. Dia kemudian belajar di dua sekolah penerbangan di California Selatan, menyelesaikan pelatihannya di Michigan dan meningkatkan jam terbangnya dengan bekerja di perusahaan kecil, termasuk Scenic Airlines, yang menjalankan tur udara di Grand Canyon. Kemudian dia bergabung dengan SkyWest pada April 2019.

"Sejujurnya, saya tidak menyadari betapa ibu saya merintis di bidang ini hingga baru-baru ini. Saya tumbuh besar melihatnya dalam peran ini. Seiring bertambah usia dan benar-benar mengejar karier ini sendiri, saya menyadari betapa langka posisinya di bidang ini. Dan saya menyadari bahwa apa yang dia lakukan pada masanya sangat mengesankan," ujar Donna.

Kedua wanita tersebut melihat representasi sebagai langkah penting dalam mendorong lebih banyak wanita untuk berlatih menjadi pilot.

"Melihat gadis-gadis yang lebih muda di kokpit melakukan ini, momen-momen seperti itulah yang akan menginspirasi wanita untuk mengejar sesuatu yang mungkin tidak pernah mereka pikirkan sebagai kemungkinan bagi mereka," kata Donna.

Baik Donna dan Suzy berbicara penuh kasih tentang waktu mereka bisa terbang bersama. Dari 4-5 September 2019, duo ini mengoperasikan CRJ700 antara Los Angeles, California, San Diego, California, Fresno, California, dan Salt Lake City, Utah.

"Saya tidak pernah memiliki kesempatan untuk terbang dengan kapten yang berpengalaman," kata Donna. "Dan kemudian menjadikannya sebagai ibuku, kami memiliki dasar komunikasi yang begitu hebat, hanya bekerja dari sana dengan dinamika kami."

Suzy menambahkan bahwa di dek penerbangan, ikatan keluarga mereka mengambil kursi belakang untuk profesionalisme dan pelatihan mereka.

Duo ini juga berharap putra Suzy bisa bergabung dengan mereka di kokpit lain kali. Dia baru saja menjadi pilot yang memenuhi syarat dan akan segera bergabung dengan SkyWest.

Saudara laki-laki Donna seharusnya bergabung dengan SkyWest awal tahun ini, tetapi perekrutan itu ditunda ketika pandemi COVID-19 melanda.

"Ini pasti sedikit perjuangan," kata Suzy, merefleksikan dampak COVID-19 pada industri penerbangan.

Kedua wanita tersebut berharap industri akan pulih, dan maskapai penerbangan akan segera mulai merekrut lagi. Sementara itu, mereka berharap pandemi tidak akan membuat para penerbang muda berjuang keras untuk mencapai tujuan mereka.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA