Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 24 Nov 2020 11:20 WIB

TRAVEL NEWS

Sketsa Yesus Karya Leonardo da Vinci Ditemukan Setelah Berabad Hilang

Sketsa Leonardo da Vinci
Sketsa wajah Yesus diduga karya Leonardo da Vinci (Foto: dok. Istimewa)
Lombardia -

Sebuah sketsa wajah Yesus ditemukan di Italia. Pembuatnya diduga Leonardo da Vinci, sang pelukis 'Mona Lisa'. Sketsa itu ditemukan setelah berabad-abad hilang.

Pelukis terkenal sepanjang masa Leonardo da Vinci diduga jadi pembuat sketsa wajah Yesus yang baru ditemukan di Italia itu. Sketsa wajah Yesus itu dibuat di atas kertas menggunakan kapur berwarna merah.

Sketsa wajah Yesus itu dibuat dengan menggunakan teknik dan gaya yang mirip dengan lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci. Banyak ahli yang menduga bahwa sketsa wajah Yesus tersebut benar merupakan karya Da Vinci.

Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Selasa (24/11/2020), sketsa wajah Yesus tersebut ditemukan tersimpan di dalam sebuah bank di Kota Lombardia, Italia. Sebelum disimpan di bank tersebut, tidak disebutkan sketsa tersebut disimpan di mana.

Banyak ahli yang menduga lukisan sketsa Yesus itu hilang selama berabad-abad sampai kemudian baru-baru ini diungkap ke publik. Para ahli semakin yakin bahwa sketsa itu adalah karya Leonardo da Vinci.

"Ini sungguh sangat cantik, karya yang sangat berkelas, dan saya sangat yakin bahwa sketsa ini dibuat oleh Leonardo da Vinci," ungkap Annalisa di Maria, sejarawan Italia yang mempelajari sketsa tersebut.

Sketsa Leonardo da VinciSketsa Yesus itu mirip dengan lukisan 'The Portrait of a Man in Red Chalk' (Foto: Getty Images)

Para ahli menyebut sketsa itu mungkin dibuat Leonardo da Vinci setelah menguji kertas yang dia gambar. Kembali ke abad ke-16, ketika seniman renaissance itu menggambar sketsa 'The Portrait of a Man in Red Chalk', karya seni mengagumkan yang dibuat dengan gaya dan teknik yang sama seperti sketsa wajah Yesus yang baru ditemukan itu.

Anna pun menyebut ada banyak kesamaan karakter antara sketsa wajah Yesus dan lukisan 'The Portrait of a Man in Red Chalk' yang dibuat sendiri oleh Leonardo da Vinci.

"Postur Yesus itu sangat Da Vinci sekali. Dia jarang menggambar orang dari depan, tapi dari sebuah sudut. Arsiran jenggot juga identik dengan lukisan potret Leonardo, begitu juga dengan bagian matanya. Dan yang paling penting, sketsa itu terbuat dari kapur merah, yang sering sekali digunakan Da Vinci, termasuk saat membuat sketsa lukisan 'The Last Supper'," pungkas Anna.

(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA