Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 27 Nov 2020 15:19 WIB

TRAVEL NEWS

Mega Proyek UEA, Jaringan Kereta Api Nasional Pertama Sejauh Ribuan Km

Jalur kereta api UEA
Jalur kereta api UEA (Foto: CNN/Etihad Rail)
Abu Dhabi -

Berikut ini adalah jaringan kereta api nasional pertama di Uni Emirat Arab (UEA). Jaringannya membentang di seantero negeri sejauh ribuan kilometer.

Diberitakan CNN, Jumat (27/11/2020), rute jalur kereta api yang baru dibangun ada di Pegunungan Hajar antara Dubai dan Fujairah. Ton demi ton batu digali untuk membuat terowongan jalur kereta api sepanjang 16 kilometer.

Jalur kereta api UEA ada di daerah pesisir menghubungkan kota-kota pantai utama di sana. Negeri berlabel mewah ini bertaruh besar pada jaringan kereta api nasional pertamanya.

Jalur kereta api sepanjang 1.200 kilometer di UEA akan menghubungkan Teluk Oman ke Teluk Persia. Jalurnya melalui berbagai emirat, yakni Abu Dhabi hingga ke Ghuweifat yang berbatasan dengan Arab Saudi.

Jalur kereta api UEA merupakan langkah kunci dan telah lama diperdebatkan. Jalur yang melintasi semenanjung Arab ini diprediksi akan mengubah perekonomian di sana, termasuk Dewan Kerjasama Teluk (GCC), kata Richard Thompson, direktur editorial Middle East Economic Digest .

Pembangunan jalur kereta api itu juga merupakan tanda ambisi UEA agar lebih ramah lingkungan. Negara ini memiliki salah satu jejak karbon per kapita terbesar di dunia, menurut Bank Dunia, dan transportasi berkelanjutan adalah salah satu pilar rencana pemerintah untuk menguranginya.

Jalur kereta api UEAJalur kereta api UEA (Foto: CNN)
Jalur kereta api UEAJalur kereta api UEA (Foto: CNN/Etihad Rail)

Kereta yang digerakkan oleh diesel dapat menghemat 2,2 juta metrik ton emisi gas rumah kaca setiap tahun melalui kapasitas angkutnya saja, kata pengembang.

Jumlah itu setara dengan menghilangkan 375.000 kendaraan dari jalan raya. Pembangunan jalur kereta ini memiliki potensi untuk kebutuhan listrik di masa depan, yang selanjutnya akan mengurangi emisi jika menggunakan energi terbarukan.

Dipelopori oleh Etihad Rail dan didanai oleh Kementerian Keuangan UEA dan Departemen Keuangan Abu Dhabi, jalur kereta ini dirancang pertama kali untuk kereta barang dan untuk penumpang akan menyusul.

Tanggal penyelesaian jalur kereta UEA belum diumumkan. Lebih detail, jalur kereta ini akan menghubungkan ke Pelabuhan Jebel Ali, Pelabuhan Khalifa dan Pelabuhan Fujairah serta pusat industri di Abu Dhabi, Dubai dan Ras Al Khaimah.



Simak Video "13 Negara Muslim yang Visanya Disetop UEA"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA