Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 27 Nov 2020 21:38 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Cara ASITA Rangkul 7.000 Anggotanya di Tengah Pandemi

Penghargaan ASITA
Ilustrasi ASITA (Ahmad Masaul Khoiri/detikTravel)
Jakarta -

Memiliki ribuan anggota, Asosiasi Tour dan Travel Agent atau ASITA punya cara merangkul para pelaku wisata di tengah pandemi. Yakni lewat aplikasi.

Hal itu diungkapkan oleh Nunung Rusmiati selaku Ketua Umum ASITA pada webinar Global Tourism Forum yang dilangsungkan di Hotel Pullman Jakarta, Jumat (27/11/2020).

Oleh Rusmiati, ia menyebut kalau saat ini ia memiliki sekitar 7.000 anggota yang tersebar di 34 provinsi. Di tengah kondisi pandemi, asosiasi yang diketuainya tersebut mendapat tantangan yang cukup berat.

Ketua Umum ASITA Nunung Rusmiati dalam Konferensi Pers ASITA WISE Travel Fair 2020 di Gedung Sapta Pesona, Rabu (12/2/2020).Ketua Umum ASITA Nunung Rusmiati dalam Konferensi Pers ASITA WISE Travel Fair 2020 di Gedung Sapta Pesona, Rabu (12/2/2020) (Putu Intan/detikTravel)

Ia pun membandingkan tanggung jawab yang dimiliki Pemerintah untuk membangun destinasi prioritas, dengan asosiasi miliknya yang ada di tiap penjuru Indonesia.

"Kami punya 7.000 anggota, di mana sekitar 90% tidak bekerja akibat pandemi. Pemerintah dan travel agent sendiri kini sedang fokus di pasar domestik," ujar Rusmiati.

Memiliki anggota berjumlah ribuan, Rusmiati menyebut kalau ASITA memiliki satu wadah khusus berupa aplikasi yang bisa diakses online. Dalam aplikasi tersebut, setiap anggota asosiasi mendapat kesempatan untuk menawarkan paket wisata masing-masing.

"Namanya ASITA Go, mereka (para anggota) dapat menaruh paket wisata dari 34 provinsi. Di mana dipromosikan lewat platform ini," ujarnya.

Platform berupa aplikasi ASITA Go sendiri bukanlah barang baru. Aplikasi ini telah diluncurkan sejak tahun 2017 silam. Diketahui, aplikasi ini menjadi cara bagi ASITA untuk beralih ke pasar digital.

Di tengah kondisi pandemi seperti sekarang, sejatinya aplikasi tersebut juga dimaksimalkan oleh ASITA untuk mencuri perhatian pasar lewat paket perjalanan yang bersaing.

Aplikasi digital tersebut juga telah tersedia untuk situs mobile maupun desktop, begitu juga untuk android.



Simak Video "Daftar Vitamin untuk Jaga Imunitas Pasien COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA