Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 29 Nov 2020 10:22 WIB

TRAVEL NEWS

Dibuka dengan Prokes, Wisatawan ke Pulau Komodo Masih Sepi

Putu Intan
detikTravel
Taman Nasional Komodo
Taman Nasional Komodo (Putu Intan/detikTravel)
Labuan Bajo -

Pulau Komodo telah dibuka untuk wisatawan domestik dengan menerapkan protokol kesehatan. Namun, kunjungan wisatawan belum sepenuhnya pulih.

Hal itu diungkapkan pemandu wisata Pulau Komodo, Abdulah dalam kunjungan detikTravel bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Sabtu (28/11/2020).

"Saat ini nggak terlalu ramai juga. Tergantung harinya. Ramai di hari Jumat dan Sabtu. Minggu agak kurang. Ramai dua hari saja, " katanya.

Abdulah mengatakan, dalam kondisi normal, jumlah wisatawn yang datang ke Pulau Komodo mencapai 300-400 orang. Namun, saat ini hanya sekitar 100 orang.

"Saat ini (jumlah wisatawan) tergantung situasi, tidak bisa diprediksi, tergantung penyakit COVID-19 ini, "ujarnya.

Taman Nasional KomodoKomodo (Putu Intan/detikTravel)

Pulau Komodo merupakan salah satu pulau di Taman Nasional Komodo yang menjadi habitat komodo. Di tanah seluas 390 kilometer persegi itu hidup sekitar 1.500 komodo.

Untuk masuk ke sini, wisatawan harus terlebih dahulu melakukan booking online melalui https://booking.labuanbajoflores.id.

Wisatawan juga wajib menunjukkan bukti bebas Corona dari hasil tes rapid atau swab.

Tak hanya itu, wisatawan akan dicek suhu tubuhnya. Bila suhu di bawah 37,5 derajat celcius, wisatawan diperkenankan masuk.

Di pintu masuk juga disediakan wastafel untuk wisatawan mencuci tangan sebelum melakukan trekking untuk melihat komodo.

Selama melakukan trekking, wisatawan diwajibkan untuk tetap mengenakan masker dan menjaga jarak. Selain itu agar terhindar dari serangan komodo, wisatawan juga harus selalu berada dalam kelompok dan mengikuti arahan pemandu wisata.

Di luar Pulau Komodo, Pulau Padar yang masih masuk komplek Taman Nasional Komodo juga telah dibuka untuk turis domestik sejak pertengahan bulan ini. Namun, suasana juga sepi dari wisatawan.



Simak Video "Sensasi Mendaki Pulau Padar untuk Nikmati Indahnya Labuan Bajo"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA