Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 30 Nov 2020 20:16 WIB

TRAVEL NEWS

Hari Menanam Pohon, Kenali 5 Kebun Raya Terindah di Indonesia

Kebun Raya
Kebun Raya Samosir/Foto: LIPI
Jakarta -

Setiap tanggal 28 November, Indonesia memperingati Hari Menanam Pohon. Dengan menanam pohon, kita turut membantu keberlangsungan hidup manusia. Sebab, pohon menghasilkan oksigen yang sangat penting untuk kehidupan.

Indonesia juga dikenal sebagai paru-paru dunia. Negeri ini memiliki salah satu hutan hujan tropis terbesar di dunia yang di dalamnya terdapat ribuan jenis flora yang unik. Jika ingin menelusuri keberagaman flora yang dimiliki Indonesia, kamu bisa loh melihatnya di kebun raya.

Kebun raya merupakan suatu lahan yang ditanami berbagai jenis tumbuhan dengan tujuan koleksi, penelitian, dan konservasi ex-situ (di luar habitat). Selain untuk penelitian, kebun botani dapat berfungsi sebagai sarana wisata dan pendidikan bagi para wisatawan.

Melansir situs indonesia.travel, di sini detikTravel akan mengulas 5 kebun raya terindah yang bisa ditemui hanya #DiIndonesiaAja.

1. Kebun Raya Samosir

Saat mendengar kata Samosir, yang pertama terlintas di benak pasti Danau Toba. Ya, Kebun Raya Samosir memang terletak di Danau Toba. Di lahan seluas 100 hektare ini, terdapat banyak tanaman yang memiliki keterkaitan kuat dengan budaya Batak. Contohnya seperti tumbuhan-tumbuhan yang digunakan untuk menghasilkan pewarna kain ulos.

Di Kebun Raya Samosir, ada banyak spesies pinus endemik. Saat berada di sini, hanya akan terasa kesejukan dan ketenangan yang tak terbatas. Apalagi ditambah dengan panorama Danau Toba yang begitu indah.

2. Kebun Raya Cibodas

Kebun RayaSejuk dan asrinya suasana di Kebun Raya Cibodas Foto: shutterstock

Kebun Raya Cibodas merupakan tempat yang tepat bagi traveler yang ingin melepas penat dari hiruk pikuk kota selain Kebun Raya Bogor. Kebun raya ini berada hanya 100 km dari Ibu Kota Jakarta dan 80 km dari Bandung. Ada sekitar 1.200 spesies flora yang terdapat di sini.

Lokasi ini juga memiliki beberapa spot instagramable, seperti bunga sakura yang mekar dua kali dalam setahun. Selain itu, Kebun Raya Cibodas juga memiliki rumah kaca yang menampilkan berbagai tanaman dalam ruangan dan flora langka seperti Rafflesia Arnoldi.

4. Kebun Raya Kuningan

Di lahan seluas 156 hektare, Kebun Raya Kuningan merupakan salah satu kebun raya terbesar di Indonesia. Pemandangan panorama perbukitan akan membuat siapa pun orang yang ke sini akan merasa lebih fresh. Di sini para wisatawan bisa berjalan-jalan di dalam rumah kaca sembari melihat berbagai jenis tanaman yang mengagumkan.

Untuk menuju ke Kebun Raya Kuningan, traveler bisa menempuh perjalanan sekitar satu jam dua puluh menit berkendara dari Kuningan atau mengambil rute dari Kota Cirebon sekitar satu setengah jam perjalanan.

5. Kebun Raya Purwodadi

Kebun RayaMenara pandang dan rumah kaca di Kebun Raya Purwodadi/ Foto: shutterstock

Pusat konservasi Kebun Raya Purwodadi memiliki keanekaragaman tumbuhan yang sangat banyak. Ada koleksi tanaman bambu, palem, pakis, polong-polongan, dan tanaman obat. Kebun raya ini memiliki luas sekitar 80 hektare.

Di sini juga ada fasilitas kegiatan luar ruangan dan fitur kolam renang untuk anak-anak, area outbond, dan tempat berkemah. Letak Kebun Raya Purwodadi berada sekitar 24 km dari Malang dan sekitar 35 km dari Pasuruan.

5. Kebun Raya Bali

Kebun RayaKebun Raya Bali/Foto: Indonesia.travel

Kebun Raya Bali dikenal juga sebagai Kebun Raya Eka Karya. Kebun raya ini merupakan surga alam seluas 157 hektare. Di sini ada banyak koleksi anggrek semarak terbesar di Bali dan jejak hutan hujan tropis yang menakjubkan. Pusat konservasi ini adalah rumah bagi berjuta Begonia dan tumbuhan karnivora, termasuk tiga spesies yang terancam punah.

Kebun Raya Bali juga memiliki Treetop Adventure Park. Di tempat ini ada banyak aktivitas luar ruangan yang bisa dinikmati oleh para wisatawan. Tempat wisata ramah keluarga ini hanya berjarak satu setengah jam berkendara dari Denpasar, loh!

Kebun raya ini tak hanya mewakili keanekaragaman flora yang menakjubkan di Indonesia, tetapi juga menjadi tempat yang bagus untuk menambah pengetahuan, menikmati pengalaman luar ruangan, dan mengambil foto yang tak terhitung jumlahnya.

Itu dia 5 kebun raya terindah yang hanya bisa kamu temui #DiIndonesiaAja. Bagi yang mau berkunjung ke kebun raya, pastikan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan cleanliness (kebersihan), health (kesehatan), safety (keamanan), dan environmental sustainability (kelestarian lingkungan) atau biasa disebut CHSE, ya!

Jadi, kebun raya yang mana nih yang ingin kamu kunjungi seusai pandemi? Selain berkunjung ke kebun raya, agar kamu lebih cinta dengan bumi, yuk tanam pohon hari ini agar bumi tetap hijau dan lestari.

(mul/ega)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA