Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 01 Des 2020 19:24 WIB

TRAVEL NEWS

Mau Libur Akhir Tahun? Ini 7 Prokes Garuda Indonesia untuk Terbang Aman

Putu Intan
detikTravel
Protokol Kesehatan di Garuda Indonesia
Pramugari Garuda Indonesia memakai masker dan sarung tangan. (Foto: Putu Intan/detikcom)
Jakarta -

Garuda Indonesia menerapkan sejumlah protokol kesehatan di pesawat agar terbang tetap aman di masa pandemi Corona. Apa saja? Simak penjelasannya.

Beberapa waktu lalu, detikTravel berkesempatan untuk melakukan penerbangan rute Jakarta-Labuan Bajo dan Labuan Bajo-Jakarta bersama Garuda Indonesia serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Dalam penerbangan tersebut diberlakukan protokol kesehatan berbasis CHSE (Clean, Health, Safety & Environment) atau Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan. Jika dirangkum, setidaknya ada 7 macam protokol kesehatan yang dijalankan Garuda Indonesia. Berikut penjelasannya.

1. Penumpang wajib mengenakan masker

Garuda Indonesia Jakarta-Labuan BajoSeluruh penumpang Garuda Indonesia wajib menggunakan masker. Foto: (Putu Intan/detikcom)

Langkah pertama yang wajib dipatuhi masyarakat untuk mencegah penularan Corona adalah menggunakan masker. Hal ini juga berlaku bagi seluruh penumpang di pesawat Garuda Indonesia.

Mereka tidak diperkenankan untuk melepas masker kecuali pada saat makan dan minum. Pramugari Garuda Indonesia juga beberapa kali memastikan bahwa seluruh penumpang menaati aturan dan menegur dengan halus bila ada penumpang yang melanggar.

2. Penyediaan hand sanitizer

Protokol Kesehatan di Garuda IndonesiaPramugari menuangkan hand sanitizer untuk penumpang. (Foto: Putu Intan/detikcom)

Garuda Indonesia menyediakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan penumpang sebelum memulai penerbangan. Di pintu masuk, pramugari menyambut penumpang dengan salam sembari menuangkan hand sanitizer di tangan setiap penumpang. Tak hanya itu, di toilet (lavatory) pesawat juga disediakan cairan pembersih tangan.

3. Kursi tengah dikosongkan

Pesawat Garuda Indonesia rutin dibersihkan dengan disemprot disinfektan. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19.Kursi tengah pesawat Garuda Indonesia dikosongkan. (Foto: Rengga Sancaya)

Penerapan jaga jarak juga dilakukan di pesawat Garuda Indonesia. Untuk pesawat Airbus dan Boeing, diberlakukan pengosongan kursi tengah sedangkan untuk pesawat ATR dilakukan pengosongan kursi yang berada di samping lorong.

Garuda Indonesia juga memberikan tanda bagi kursi yang dapat diduduki dengan kain berwarna toska. Sedangkan untuk kursi yang kosong akan dipasangi kain berwarna oranye.

4. Pramugari mengenakan masker dan sarung tangan

Protokol Kesehatan di Garuda IndonesiaPramugari Garuda Indonesia mengenakan masker dan sarung tangan. (Foto: Putu Intan/detikcom)c

Untuk menjaga higienitas ketika melayani penumpang, Garuda Indonesia mewajibkan awak kabin memakai masker dan sarung tangan plastik.

Sementara itu untuk penampilan tidak ada perubahan. Pramugari tetap mengenakan seragam khas Garuda Indonesia yakni kebaya toska, oranye, ungu, dan biru.

Selanjutnya: makanan disajikan secara higienis

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA