Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 03 Des 2020 06:46 WIB

TRAVEL NEWS

Libur Akhir Tahun Dipangkas, Hotel di Bandung Andalkan Wisatawan Lokal

Siti Fatimah
detikTravel
Hotel Instagramable di Bandung
Salah satu hotel di Bandung, siap menyambut wisatawan lokal Foto: (Siti Fatimah/detikcom)
Bandung -

Pemerintah resmi memutuskan memangkas libur akhir tahun dan cuti Desember 2020. Libur akhir tahun dipangkas sebanyak 3 hari. Hotel di Bandung pun mengandalkan kunjungan lokal.

"Dengan demikian, maka secara teknis ada pengurangan libur dan cuti bersama ini sebanyak 3 hari, yaitu 28, 29, 30," kata Menko PMK Muhadjir Effendy dalam konferensi pers virtual, Selasa (1/12/2020).

Masa libur akhir tahun menjadi waktu yang tepat bagi usaha industri perhotelan untuk mulai bergeliat. Dengan pengurangan waktu libur panjang ini sedikit banyaknya merubah strategi perhotelan yaitu menggaet dan mengandalkan kunjungan lokal.

Ketua Himpunan Humas Hotel Bandung, Rikky Sugiarto mengatakan, kabar pengurangan cuti bersama dan libur akhir tahun sangat berpengaruh terhadap hunian di hotel.

"Sedikit banyaknya berpengaruh. Namun kembali lagi, kita melihat maksud dan tujuan pemerintah yang mengeluarkan aturan tersebut untuk menekan penyebaran virus COVID-19 yang jumlahnya memang naik pada saat periode long weekend lalu," kata Rikky saat dihubungi detikcom, Rabu (2/12/2020).

Meskipun begitu, kata dia, pihaknya akan tetap mempersiapkan diri di mana hotel-hotel yang ada di Kota Bandung untuk menyambut tamu-tamu yang akan menghabiskan masa libur akhir tahun dengan protokol kesehatan yang ketat.

Beberapa hotel di Bandung seperti Harris Hotels Festival Citylink, Savoy Homann, dan G.H Universal sudah menerima booking tamu di bulan Desember. "Iya kemungkinan mayoritas akan tetap pengunjung lokal, namun tidak menutup kemungkinan dari luar area Bandung," katanya.

Marcom Manager GH Universal Hotel juga menambahkan, meskipun ada pengurangan pihaknya optimis dengan kunjungan wisatawan lokal karena menurutnya aura libur akhir tahun akan tetap melekat di masyarakat.

"Kita tentu saja mengantisipasi merubah strategi dengan membidik tamu lokal dari bandung atau tamu yang dekat dengan area bandung karena keuntungan kita hotel berlokasi di dekat tempat wisata. Optimis dengan strategi yang tepat dan pasti tetap banyak orang liburan juga, aura Desember yang identik dengan liburan akan tetap terasa," pungkasnya.



Simak Video "Serunya Bermain di Wisata Edukasi Mini Zoo Kuningan"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA