Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 03 Des 2020 09:05 WIB

TRAVEL NEWS

Bule Polandia Memainkan Gamelan, Skillnya Nggak Kalah

Bonauli
detikTravel
Indonesia Week di Polandia
Foto: (Candra Saigustia/PPI Polandia)

Stand KBRI Warsawa berada di area khusus di acara Targ ƚniadaniowy (Breakfast Market) di kota Warsawa yang mana menjual berbagai produk khas Indonesia, termasuk pasar ala Indonesia dengan berbagai jenis produk dan kuliner lokal Indonesia.

Indonesia Week 2020 dibuka secara resmi pada tanggal 23 Agustus 2020 oleh Dubes RI Warsawa, Siti Mauludiah. Selama 6 hari, pengunjung dimanjakan dengan berbagai ragam pertunjukan budaya, kuliner dan juga aneka produk Indonesia yang diadakan di beberapa kota. Indonesia Week 2020 juga menampilkan sisi lain dari kebudayaan Indonesia, yaitu tarian, musik dan pakaian adat.

Pada beberapa kegiatan, pakaian daerah Indonesia juga dipromosikan dalam berbagai bentuk tampilan: pakaian Bali (Upacara Hari Kemerdekaan RI), pakaian adat Minang (penerima tamu pada acara Indonesian Corner, 29 Agustus 2020), pakaian adat Palembang dan pakaian adat Dayak (Breakfast Market, 19-20 September 2020).

Pada tahun ini, beberapa mahasiswa dari Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Polandia juga turut memeriahkan rangkaian kegiatan Indonesia Week 2020 dengan mengenakan pakaian adat, memainkan musik gamelan dan mempromosikan pariwisata serta kuliner khas Indonesia.

Kendati penyelenggaraan Indonesia Week tahun ini yang diadakan di tengah pandemi Covid-19 yang juga melanda Polandia, pelaksanaan semua kegiatannya telah dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah Polandia.

Setiap tahunnya Indonesia Week menjadi event budaya yang mengetengahkan budaya Indonesia dan dihadiri oleh banyak pengunjung yang memiliki ketertarikan dan ingin mengunjungi Indonesia.

Pertunjukan tari dan musik dari Warsaw Gamelan Group di acara Indonesia Week dihadiri oleh ratusan pengunjung warga Polandia yang memenuhi tempat pertunjukan.

Mereka terpukau dengan penampilan-penampilan Tim Kesenian KBRI Warsawa yang beranggotakan tidak hanya dari warga Indonesia, tetapi juga warga Polandia. Kolaborasi antara tarian dan musik tradisional gamelan membawa pengunjung seakan-akan larut dalam menikmati keindahan dan keanekaragaman budaya yang ada di Nusantara.

Indonesia Week di PolandiaIndonesia Week di Polandia Foto: (Candra Saigustia/PPI Polandia)

Penonton pertunjukan tidak beranjak dari tempat duduk dari awal hingga akhir konser. Suara riuh tepuk tangan menggema pada setiap penampilan yang disuguhkan meskipun dalam situasi pandemi.

Alunan suara Gamelan diperdengarkan diiringi dengan bait-bait Gending Kebo Giro, Wilujeng, Srepegan, Jagung-Jagung, Sang Penebus, Uga-Uga, Wilujeng Mlampah dan Arjuna Mangsah.

Di samping itu, juga turut ditampilkan musik Telempong untuk mendampingi Tari Rantak dan musik angklung. Adapun tari-tarian yang di pertunjukan antara lain, Tari rantak, Tari Yapong dan Medley Tarian Nusantara, Eko Prawiro, Tari Gambyong, serta Tarian Gemu Famire dan Tarian Sajojo.

Hal yang menarik lainnya dari kegiatan promosi budaya Indonesia pada kegiatan tahunan Indonesia Week ini adalah sebuah fakta bahwa sebagian penari dan pemain gamelan ini ternyata berkewarganegaraan Polandia yang mana tergabung dalam Tim Kesenian KBRI Warsawa. Mereka mempelajari budaya Indonesia di KBRI Warsawa.

Bahkan, ada beberapa pemain gamelan dan penari dari warga Polandia yang sudah pernah mempelajari tarian dan gamelan secara langsung di Indonesia melalui program Darmasiswa dan Beasiswa Seni Budaya Indonesia (BSBI).

KBRI Warsawa menempatkan promosi dan kerja sama budaya sebagai salah satu prioritas kerja sama bilateral, Seni dan Budaya sangat penting untuk mengikat persahabatan yang kokoh antara kedua bangsa. KBRI Warsawa membuka kesempatan selebar-lebarnya kepada warga Polandia untuk mempelajari budaya Indonesia, seperti tarian, bahasa, dan gamelan.

---


Artikel ini merupakan kiriman dari Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Polandia, Candra Saigustia dan sudah diubah sesuai dengan kebutuhan redaksi

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA