Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 03 Des 2020 20:36 WIB

TRAVEL NEWS

Duh, Gegara Corona Ada Hotel di Kudus Tutup

Dian Utoro Aji
detikTravel
eorang seniman melukis mural di kolong Tol Wiyoto Wiyono, Jakarta Timur, Rabu (2/12/2020). Nantinya akan ada 100 tiang TOL yang akan dimural dengan gambar protokol kesehatan.
Mural COVID-19, Efek Pandemi COVID-19 satu hotel tutup di Kudus Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom
Kudus -

Pandemi virus Corona atau COVID-19 berdampak ke segala sektor. Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) mencatat ada satu hotel di Kudus, Jawa Tengah yang harus tutup.

"Satu hotel yang tutup. Itu bulan April 2020 lalu. Itu melaporkan bahwa tidak beroperasi lagi," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Kudus, Tri Suyitno kepada wartawan saat ditemui di salah satu hotel di Kudus, Kamis (3/12/2020).

Tri mengatakan satu hotel tersebut terdampak karena pandemi virus Corona. Akibatnya ada sekitar 10 karyawan yang harus mengalami Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK.

"Sebenarnya kami sangat terdampak hotel restoran. Sekitar 10 karyawan yang terdampak PHK. Baru satu, mudah-mudahan tidak ada lagi," Tri menjelaskan.

Sebelumnya kata dia awal pandemi ada sejumlah hotel yang harus merumahkan karyawannya. Namun kini setelah ada kebijakan new normal karyawan yang dirumahkan sudah kembali bekerja.

"Merumahkan sudah tidak ada. Sudah pada kembali. Kecuali itu (satu hotel tutup), itu sudah bilang tidak beroperasional," lanjutnya.

Tri menuturkan geliat hotel dan restoran saat ini perlahan mulai merangkak meningkat. Upaya menerapkan protokol kesehatan secara ketat pun dilakukan.

"Protokol kesehatan, kita tetap tegakan. Penyemprotan rutin (di kamar-kamar), setiap dipakai kita semprot," tandasnya.

Kini tambah Tri ada sebanyak 40 hotel dan restoran yang tergabung di PHRI Kabupaten Kudus. Jumlah itu terdiri 30 hotel dan 10 restoran.

Mengutip situs Tanggap COVID-19 Pemprov Jawa Tengah, kasus COVID-19 di Kudus sudah mencapai 2.623 orang. 2.087 orang dinyatakan sembuh, 292 orang meninggal.



Simak Video "Daftar 27 Hotel di Jakarta Untuk Isolasi Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA