Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 04 Des 2020 15:07 WIB

TRAVEL NEWS

Tol Pekanbaru Dumai Tingkatkan Wisatawan yang Berkunjung ke Rupat

Foto udara Tol Pekanbaru-Dumai di Riau, Sabtu (26/9/2020). Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131,5 Kilometer ini baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 26 September kemarin dan merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera sepanjang 2.878 kilometer. ANTARA FOTO/FB Anggoro/wsj.
Tol Pekanbaru-Dumai dari udara (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Perjalanan menuju destinasi wisata di Rupat Utara

Untuk informasi, Kapal Roro dari Dumai hanya bertolak ke Pelabuhan Roro Tanjungkapal di Kecamatan Rupat. Dari situ, wisatawan masih harus melalui perjalanan darat untuk menuju objek wisata pantai pasir putih di Kecamatan Rupat Utara.

"Belum diakses (menuju) Rupat Utara, sementara pantai kita yang indah itu ada di sana dan itu butuh waktu 1,5 jam lagi untuk infra yang ada sekarang. Dan apabila infra yang ada sekarang dibenahi, itu mungkin cuma butuh waktu sekitar 30-45 menit saja sudah bisa," tambah Abdi.

Dari sisi lain, Tol Permai juga berhasil meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Pulau Rupat. Data itu diungkapkan oleh Kadisparbudpora Bengkalis Afrizal saat ditemui detikTravel di Pekanbaru.

"Bahwasanya waktu kita libur panjang kemarin itu ternyata wisma, homestay, hotel semua terisi penuh. Bahkan kawan-kawan yang berkunjung tidak mempunyai tempat untuk dapat menginap di sana. Jadi memang kalau kita lihat sudah mulai menggeliat, luar biasa sekali," ujar Afrizal.

Namun, tingkat okupansi hotel dan jumlah kunjungan wisatawan di Pulau Rupat disebut Afrizal akan lebih stabil jika infrastruktur kian memadai. Itulah harapan dari banyak stakeholder terkait.

"Tentunya kita berharap infrastruktur segera kita penuhi, untuk bagaimana wisatawan dapat nyaman cepat bisa datang ke sana. Termasuk penyeberangan roronya juga. Termasuk juga sarana pra sarana lainnya," harap Afrizal.

Ke depan dengan hadirnya Tol Permai, Afrizal melihat masa depan pariwisata Pulau Rupat yang lebih cerah. Besar harapan kalau pantai pasir putih yang ada di sana dapat memikat wisatawan untuk datang.

"Jadi kalau kami berharap, Pulau Rupat ini ke depan merupakan destinasi untuk kunjungan wisata. Setelah kita lihat juga karena Pulau Rupat ini punya pasir putih yang tidak kalah dengan Pulau Bali dengan NTB, tidak kalah juga dengan pantai di Sumbar," ujarnya.

Saat ini Bank BRI di Rupat merupakan  salah satu bank yang sangat berpengaruh di roda perekonomian di Rupat, Bengkalis, Riau.Saat ini Bank BRI di Rupat merupakan salah satu bank yang sangat berpengaruh di roda perekonomian di Rupat, Bengkalis, Riau (Pradita Utama/detikTravel)

Hadirnya Tol Permai juga disambut oleh Pemimpin Cabang BRI Dumai, Muhammad Fendi Maulana. Menurutnya, kehadiran tol tersebut dapat membuat pariwisata di Pulau Rupat kian tumbuh. Tak hanya itu, perekonomian warga juga akan terangkat. Adanya BRI di Rupat juga disebut Fendi akan mempercepat pertumbuhan itu.

"Yang membuat kita yakin bahwa ke depannya Pulau Rupat akan berkembang lebih cepat dengan adanya infrastruktur baru, pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai dan didorong dengan percepatan transportasi itu dan disambung dari Dumai ke Rupat yang semula ada 1 kapal roro sekarang ada 3 kapal roro. Sehingga ini akan memberikan dampak positif perkembangan dan pertumbuhan ekonomi di Pulau Rupat," terang Fendi.

Perlahan, pariwisata dan perekonomian Pulau Rupat mulai menuju arah yang lebih baik dengan adanya Tol Permai. Ke depan, dipastikan kalau Pulau Rupat yang tadinya merupakan pulau terluar akan bertransformasi menuju terdepan.

---

detikcom bersama BRI mengadakan program Tapal Batas yang mengulas mengenai perkembangan infrastruktur, ekonomi, hingga wisata di beberapa wilayah terdepan khususnya di masa pandemi. Untuk mengetahui informasi dari program ini ikuti terus beritanya di tapalbatas.detik.com!

[Gambas:Video 20detik]



Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA