Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 05 Des 2020 07:38 WIB

TRAVEL NEWS

Kisah Pasangan Bule Bangun Pusat Menyelam Terbaik Dunia di Indonesia

Syanti Mustika
detikTravel
dokumentasi Scuba Junkie
Wisata selam Foto: (dok Scuba Junkie)
Jakarta -

Indonesia terpilih menjadi destinasi wisata selam terbaik di dunia tahun 2020. Hal ini juga diikuti perusahaan selam yang ada di Indonesia yang juga menang kategori terbaik.

Indonesia memenangkan 'Destinasi Wisata Selam Terbaik' dan salah satu perusahaan selam di Indonesia juga memenangkan 'Pusat atau Resor Menyelam Terbaik di Dunia' pada Dive Travel Awards 2020 di majalah selam bergengsi.

Dari rilis yang diterima detikcom, Sabtu (5/12/2020) adapun perusahaan selam yang ikut membawa harum nama Indonesia di dunia selam ini bernama Scuba Junkie. Perusahaan ini didirikan oleh pasangan bule dari Inggris bernama Rohan dan istrinya Carys.

Pasangan Inggris ini mengunjungi Indonesia pada tahun 2005 untuk menyelam di Komodo, ternyata hanya ada 4 perusahaan selam yang beroperasi di tempat tersebut.

Mereka langsung jatuh cinta dengan tempat itu dan ingin membuka pusat penyelaman di sana. Pertama mereka menjelajahi banyak tempat di Indonesia hingga kemudian mereka memulai usaha mereka. Impian mereka pun terwujud pada tahun 2015 setelah melewati beragam perjuangan.

Untuk mendapatkan penghargaan sebagai perusahaan selam terbaik, Scuba Junkie bersaing dengan lebih dari 11.000 nominasi. Dan 30.000 suara diberikan selama periode enam bulan untuk 108 tempat wisata di seluruh dunia dan terdapat 1.100 pusat selam dan resor. Indonesia dan Scuba Junkie masing-masing dinobatkan sebagai pemenang pada minggu ini.

dokumentasi Scuba JunkieDokumentasi Scuba Junkie Foto: (dok Scuba Junkie)

Scuba Junkie memiliki resor menyelam di beberapa tempat wisata selam populer yaitu Komodo, Nusa Penida dan Sangalaki, serta lokasi lainnya di Sabah, Malaysia. Mereka sangat senang dianugerahi penghargaan bergengsi tersebut.

"Indonesia memiliki beberapa lokasi menyelam terbaik di dunia yang telah diakui di Indonesia sendiri, tentunya pantas untuk mendapatkan penghargaan yang fantastis. Kami juga sangat bangga dengan pusat penyelaman milik kami dan semua staf di sini dapat dianugerahi penghargaan luar biasa dan sulit diungkapkan betapa beruntungnya kami mengelola usaha ini yang terdapat di lokasi lain yang adalah tempat wisata selam kelas dunia," kata Rohan Perkins, Direktur Scuba Junkie di Indonesia.

"Tahun ini tentunya merupakan tahun yang berat bagi pariwisata selam dan bahkan bagi pariwisata secara keseluruhan. Kami berharap penghargaan ini dapat berdampak positif bagi pariwisata selam Indonesia, baik Domestik maupun Internasional, dan bahkan untuk seluruh sektor pariwisata secara keseluruhan" ujar Rohan. Menyelam di tempat yang begitu indah adalah hal yang selalu disyukuri dan hal inilah yang menumbuhkan rasa tanggung jawab yang kuat untuk membantu melindungi ekosistem bawah laut di Indonesia.

"Di Scuba Junkie kami mengambil peranan yang bertanggung jawab terhadap pariwisata selam terutama dalam pengelolaan yang baik, aman dan pastinya agar dapat dinikmati sebagai tempat wisata selam yang ramah lingkungan serta terlibat langsung dalam hubungan sosial dengan masyarakat sekitar juga lingkungan hidup," kata Matt Drury, Direktur Scuba Junkie Penida.

dokumentasi Scuba JunkieDokumentasi Scuba Junkie Foto: (dok Scuba Junkie)

Scuba Junkie memiliki fokus yang kuat dalam melindungi ekosistem laut, yang menurut Direktur Scuba Junkie sama halnya tersebut dengan tamu mereka.

"Kami merasa terhormat bisa menyelam di lokasi yang menakjubkan seperti Penida dan Komodo, jadi sudah menjadi kewajiban kami untuk melindungi ekosistem laut bagi generasi mendatang dengan cara apapun yang kami bisa. Etos kami adalah menjadi bagian dari industri pariwisata secara berkelanjutan," kata Drury.

"Lokasi yang menakjubkan, dikombinasikan dengan fokus pada keselamatan dan standar pelatihan yang tinggi, tentunya meninggalkan kesan mendalam bagi para tamu kami yang telah memilih untuk mengunjungi kami berkali-kali untuk pengalaman menyelam dan snorkeling di semua lokasi kami. Kami berharap agar bisa mempertahankannya," Kata Rohan.



Simak Video "Rehabilitasi Ekosistim Laut Dengan Transplantasi Terumbu Karang, Ternate"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA