Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 09 Des 2020 07:12 WIB

TRAVEL NEWS

Inilah 10 Negara yang Tak Bisa Hidup Tanpa Pariwisata

Bonauli
detikTravel
Destinasi menyelam terbaik
Fiji (CNN)

5. Vanuatu

Keindahan alam VanuatuKeindahan alam Vanuatu Foto: Getty Images/iStockphoto/helivideo

Negara di Pasifik Selatan ini sempat happy karena tak punya kasus Corona. Namun sayang itu tak bertahan lama. Sampai akhirnya, Vanuatu tutup pintu untuk pariwisata.

Total kontribusi pariwisata terhadap PDBnya senilai USD 380 juta atau 45,9 persen dari total PDB. Sementara ada 30.800 lapangan pekerjaan yang tersedia di dibidang pariwisata.

6. Cabo Verde

Cabo Verde atau disebut juga Cape Verde atau Tanjung Verde. Negara ini masuk dalam benua Afrika dan terletak di Samudera Atlantik utara. Negara ini merupakan kepulauan vulkanik, tak heran alamnya begitu dramatis.

Ada pegunungan terjal lembah subur sampai teluk yang berkilauan. Saking menderitanya di tengah pandemi, Cabo Verde sampai dibantu dana darurat dari Amerika Serikat senilai USD 1,5 juta.

Total kontribusi pariwisata terhadap PDB menurut Bank Dunia adalah USD 807,1 juta alias 44,4 persen dari total PDB.

Pariwisata menyediakan 95.400 lapangan pekerjaan dengan nilai 38,9 persen dari total pekerjaan yang ada.

7. St Lucia

St. Lucia's famous Twin Pitons in the early morning light.St. Lucia Foto: iStock

St Lucia adalah negara di Karibia. Karena pandemi, ribuan penduduknya harus menggangur. Banyak bisnis terkait perjalanan ditutup. Wajar saja, karena ada 40.300 lapangan pekerjaan yang bergantung pada pariwisata St Lucia.

Jumlah ini setara dengan nilai 52,4 persen. Untuk itu, pemerintah akhirnya membuka kembali pariwisata pada 9 Juli lalu.

Total kontribusi pariwisata St Lucia terhadap PDB senilai USD 654,2 juta alias 43,3 persen. Pariwisata tak boleh mati demi perekonomian negara.

8. Belize

Belize adalah negara di pantau timur Amerika Tengah, berbatasan dengan Laut Karibia. Punya banyak pantai ini, salah satu pulaunya masuk dalam nominasi pulau terbaik dunia tahun 2020.

Ada 61.400 lapangan pekerjaan yang berkaitan dengan pariwisata. Jumlah ini senilai 37,1 persen dari semua pekerjaan di sana.

Meski pariwisata tutup, warganya tetap harus kerja untuk bertahan hidup. Mereka kembali ke akar budaya sebagai petani dan nelayan.

Total kontribusi pariwisata terhadap PDB Belize senilai USD 794 juta alias 41,8 persen dari total PDB.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
BERITA TERKAIT
BACA JUGA