Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 24 Des 2020 05:32 WIB

TRAVEL NEWS

6 Fakta di Balik Terpilihnya Sandiaga Sebagai Menparekraf

Femi Diah
detikTravel
Menparekraf Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Uno (Grandyos Zafna/detikFOTO)
Jakarta -

Sandiaga Uno mendapatkan tugas baru dari Presiden Joko Widodo. Politisi Gerindra itu menjadi menteri pariwisata dan ekonomi kreatif (menparekraf) menggantikan Wishnutama Kusubandio. Berikut faktanya.

Sandiaga mendapatkan tugas itu pada Selasa (22/12/2020). Sehari kemudian, bersama lima menteri lainnya, Sandiaga dilantik oleh Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan.

Masuknya Sandiaga menjadi menparekraf disambut positif oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Dia sampai mengunggah foto lawas kebersamaan mereka.

Sementara itu, warganet mengunggah lagi sikap berbeda Sandiaga saat dikaitkan dengan kursi menteri pada akhir 2019 lalu saat nama Sandiaga disebut-sebut masuk kabinet Jokowi jilid II.

Selain itu, sejumlah fakta Sandiaga Uno sebagai menparekraf. Apa saja?

1. Sering Kampanyekan Pariwisata untuk Kepentingan Politik

Sandiaga Uno kerap menggunakan sektor pariwisata sebagai bahan kampanye politik, baik saat mejadi wakil gubernur DKI bersama Anies BAswedan Jakarta ataupun dalam kampanye calon wakil presiden saat berduet dengan capres Prabowo Subianto.

2. Alasan Mau Jadi Menparekraf

Sandiaga Uno akhirnya menerima pinangan Presiden Jokowi untuk menjadi menteri setelah pernah menolak masuk Kabinet Indonesia Maju. Dia menyebut-nyebut soal kepentingan bangsa dan negara.

"Bahwa kita semua akhirnya harus bersatu padu. Semua kita lakukan demi kepentingan bangsa dan negara. Dan jika negara memanggil pada saat inilah menurut saya tanggung jawab ada di pundak masing-masing dari kita," kata Sandiaga.

3. Tugas dari Jokowi dan Ma'ruf Amin

Sandiaga Uno mendapatkan tiga tugas sebagai menparekraf. Pertama, dia diminta untuk berfokus menggeber pembangunan destinasi superprioritas. Kedua, pelaksanaan Calender of Events (CoE) yang pada masa pandemi COVID-19 pelaksanaannya tertunda.

Selain itu, tugas ketiga adalah pemulihan pariwisata juga sejalan dengan upaya pemerintah menekan penyebaran COVID-19.

4. Strategi di Wisata Saat Pandemi

Sandiaga Uno menjabarkan tiga strategi setelah dia ditunjuk menjadi menparekraf menggantikan Wishnutama.

1. Inovasi. Sandiaga harus bergerak cepat agar setahun ini harus ada perubahan yang mendasar untuk berbenah pada lima destinasi superprioritas, dari wisata, tarian, infrastruktur dan segala yang berkaitan dari pariwisata ekonomi kreatif.

2. Adaptasi. Adaptasi dengan keadaan terkini, yaitu COVID-19. CHSE salah satunya yang harus dipastikan untuk kebangkitan sektor ini."

3. Kolaborasi dengan harus menggandeng semua pihak untuk menciptakan lapangan kerja.

5. Lawan Politik dan Rekan Jokowi

Sandiaga Uno merupakan lawan politik Jokowi dalam pencalonan Presiden nomor urut 2 berpasangan dengan Prabowo Subianto. Waktu itu, pemenang Pilpres adalah pasangan calon nomor urut 1 Joko Widodo - Ma'ruf Amin.

Di tahun ini, Sandiaga Uno menjadi salah seorang anggota tim pemenangan menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution, di Pilkada Medan 2020. Di tim sukses (timses) Bobby, Sandiaga mengemban jabatan dewan pembina.

Karier politik Sandiaga juga ditandai dengan menajdi wakil gubernur DKI Jakarta. Sandi berpasangan dengan Anies BAswedan menjadi pasangan wagub dan gubernur DKI Jakarta usai mengalahkan inkumben Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat) di Pilkada DKI 2017.

6. Pengusaha Tajir

Sandiaga Uno menjadi Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Pada 2005-2008. Dia pemilik saham PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) sebesar 21,5 persen.

Sandiaga menjadi menteri paling tajir di antara enam menteri yang baru ditunjuk oleh Presiden Jokowi. Sandiaga memiliki harta senilai Rp 5 triliun.



Simak Video "Momen Sandiaga Uno Dipakaikan Ikat Kepala Lambang Keagungan"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA