Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 28 Des 2020 13:27 WIB

TRAVEL NEWS

Januari: Borobudur dengan Gunung Lancip-Turis RI Bikin Shinkansen Telat

Tim detikcom
detikTravel
Candi Borobudur Foto Aneh
Foto: (Screenshot Instagram indtravel)
Jakarta -

Bulan Januari 2020 lalu diramaikan oleh foto Candi Borobudur dengan lanskap pegunungan yang viral. Ada yang menyebutnya editan dan lainnya.

Diketahui, foto Candi Borobudur dengan lanskap gunung yang viral itu diunggah ulang lewat laman Instagram resmi Kemenparekraf (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) untuk promosi keindahan Indonesia @indtravel pada hari Rabu lalu (29/1).

Dilihat dari hasil fotonya, keindahan Candi Borobudur itu dipotret dengan menggunakan drone. Selain Candi Borobudur, tampak juga panorama gunung cantik di belakangnya.

Usut punya usut, foto itu merupakan karya dari fotografer asing dengan akun @jerre_stead. Fotonya memang bagus, hanya saja tak sedikit warganet yang menyoroti keanehan di balik foto tersebut.

Candi Borobudur Foto AnehFoto aneh Candi Borobudur dari udara (Screenshot Instagram indtravel)

Salah satu yang menyoal keanehan itu adalah videografer bernama Sutiknyo dengan akun @lostpacker. Sebagai salah satu videografer yang pernah bekerjasama dengan @indtravel dahulu, Sutiknyo menyadari kalau ada hal yang aneh di foto tersebut.

Menurut Sutiknyo, gambar Candi Borobudur dengan latar gunung itu tampak begitu ganjil. Menurutnya, perlu ada proses verifikasi dahulu sebelum memunculkan foto atau konten ke masyarakat. Terlebih @indtravel merupakan akun resmi promosi Kemenparekraf di Instagram.

Sang pemilik akun pun memberikan klarifikasi lewat InstaStory. Dia mengunggah kembali cuplikan video drone yang merekam keindahan Candi Borobudur jelang sunrise. Merujuk pada rekaman video drone tersebut, foto viral itu juga dipotret pada momen bersamaan saat pengambilan video.

Candi Borobudur dan gunung lancipCandi Borobudur dan gunung lancip Foto: (Instagram)

Namun, protes keras tetap dilayangkan oleh netizen dan juga masyarakat asli yang tinggal di Candi Borobudur. Alasannya jelas, di sekeliling Candi Borobudur memang banyak gunung. Alasannya, mereka menganggap ada gunung seramping, dengan atas yang lancip, seperti dalam foto yang jadi heboh itu.

"Saya sebagai warga masyarakat Borobudur, sebagai pelaku seni juga pariwisata di sini, juga tentunya ketika saya lihat pertama kali foto itu, 'wah indah, kagum, bagus' begitu kan. Tetapi, ketika saya cermati memang ada keanehan foto itu gunungnya kayaknya bukan Sumbing, bukan Merapi, ini gunung apa. Jadi, pertanyaan," ujar seniman Borobudur, Umar Chusaeni.

Suparno, pensiunan pegawai Balai Konservasi Borobudur (BKB) yang sekarang menekuni fotografi, ikut berkomentar. Menilik sudut pengambilan gambar ia menduga gunung di foto itu adalah Gunung Sumbing -- sebagaimana dugaan sejumlah netizen. Tapi tetap ada keanehan.

"Yang saya tahu, Gunung Sumbing itu tidak selancip dalam foto itu, jadi foto yang bener itu agak pipih tidak lancip banget. Tapi, sudut pengambilan sudah bener sekali dari Tenggara dengan latar belakang gunung sudah pas banget," katanya.

"Tapi yang saya nggak tahu persis itu Gunung Sumbing kok lancip seperti itu. Jadi sudut pengambilan sudah bener dengan pakai drone. Tapi kalau diambil tanpa drone, saya biasanya dari atas Amanjiwo posisi yang pas dari Tenggara disitu untuk latar belakang Gunung Sumbing itu," ujarnya.

Selanjutnya: Ikut dikomentari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan fotografer Arbain Rambey

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA