Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 09 Jan 2021 06:11 WIB

TRAVEL NEWS

Menparekraf Sandiaga, Tolong Perhatikan Kebersihan WC di Tempat Wisata

Femi Diah
detikTravel
Melihat Lebih Dekat Toilet Umum Gratis di Yogya yang Mirip Stasiun MRT
Ilustrasi toilet umum (Pradito Rida Pertana/detikcom)
Jakarta -

Sebuah pesan khusus diberikan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (menparekraf) Sandiaga Uno. Soal kebersihan WC.

Sejak sebelum dilantik, Sandiaga mendapatkan tugas utama sebagai menparekraf untuk menggenjot lima destinasi wisata super prioritas. Lima destinasi super prioritas itu adalah Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo.

Sandi ditugasi untuk mengawal kesiapan sarana dan prasarana, tempat wisata, budaya, sampai ekonomi kreatif yang menunjang lima destinasi super prioritas itu. Nah, Luhut meminta Sandiaga juga tidak mengabaikan hal kecil, termasuk mengalokasikan anggaran kementerian untuk kebersihan toilet.

"Saya minta peningkatan kualitas destinasi pariwisata di lima destinasi super prioritas, yaitu Menparekraf (Sandiaga Uno) agar meningkatkan alokasi anggaran ke lima destinasi tersebut," ujar Luhut dalam potongan video rapat koordinasi yang diunggah Kemenkomarves, dikutip Sabtu (9/1/2021).

"Soal-soal kecil, seperti WC itu juga perlu diperbaiki. Jadi orang datang ke spot itu nggak kapok," dia menegaskan.

Ya, kebersihan toilet di tempat wisata dan prasarana, seperti di terminal bus, pasar, dan fasilitas umum lainnya kurang diperhatikan. Kerap terjadi, WC tidak memiliki air mengalir atau jumlahnya terlalu sedikit.

Selain itu, Luhut juga meminta Sandiaga mendorong pelaku ekonomi di tiap destinasi wisata melakukan transaksi pembayaran digital dengan penerapan QR Code QRIS (Quick Response Indonesia Standard) Bank Indonesia.

"Lalu untuk terus meningkatkan penerapan QRIS di 5 destinasi," kata Luhut.

"Pak Menparekraf Sandiaga Uno saya dengar katanya sudah ketemu dan akan mendesain platform supaya sebanyak mungkin menggunakan digital payment jadi tanpa cash lagi," kata Luhut.

***

Nah, detikers bisa turut mengecek keberadaan toilet di tempat wisata yang dikunjungi dan membagikan foto toilet di tempat wisata atau kisah perjalanan lain lewat d'travelers di sini. Jangan lupa sertakan cerita pengalamanmu dan lokasi WC umum tersebut.



Simak Video "Sandiaga Uno Bawa Tasbih saat Dilantik Jadi Menteri"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA