Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 13 Jan 2021 11:48 WIB

TRAVEL NEWS

Tahun 2021, Minat Traveler yang Ingin Ngantor di Bawah 10%

Low angle view of businesswoman with face mask working on desktop PC in the office.
Foto: Getty Images/iStockphoto/Drazen Zigic
Jakarta -

Masuk tahun 2021, dunia masih berkutat dengan pandemi virus Corona. Itu juga mempengaruhi minat traveler untuk kembali ke kantor.

Di tengah kurva COVID-19 yang terus menanjak di Indonesia, baik Pemerintah pusat hingga provinsi kembali mengetatkan aturan. Apabila DKI Jakarta mengambil rem darurat dengan melakukan PSBB Ketat, Provinsi Jawa dan Bali juga serempak melakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Jawa Bali mulai Senin (11/1/2021).

Sejumlah aturan pun dilakukan, seperti pembatasan jumlah pekerja maksimal 25% di kantor (WFO) dan sisanya bekerja di rumah (WFH). Khususnya teruntuk sektor di luar 11 sektor utama.

Di lapangan, tak sedikit kantor yang telah menerapkan aturan tersebut. Walau mungkin tetap ada juga yang colongan melanggar demi keberlangsungan operasional perusahaan di saat pandemi.

Hanya di luar itu, nyatanya minat traveler untuk kembali bekerja di kantor tahun 2021 ini bisa dibilang cukup rendah. Hal itu tertuang dalam Survei Agoda 'What Matters 2021'.

Survei itu didasari dari data YouGov Singapore PTE Limited dengan jumlah total responden sebanyak 16.064. Pekerjaan lapangan dilakukan pada 10 - 16 Desember dan dilakukan secara online. Angka-angka tersebut telah dihitung dan merupakan perwakilan orang dewasa di masing-masing negara (usia 18 tahun ke atas).

"Lebih sedikit responden menantikan untuk kembali ke kantor di tahun 2021. Responden dari China (1,2%), Jepang (1,5%) dan Inggris (2%) memiliki proporsi terkecil dari mereka yang sudah ingin kembali bekerja di kantor," tulis surveinya seperti dilihat detikTravel.

Dari data tersebut teelihat betapa minimnya minat para traveler untuk kembali bekerja di kantor. Agaknya tak sedikit yang sudah terbiasa atau merasa nyaman dengan bekerja dari rumah (WFH).

Namun, sedikit berbeda dengan minat traveler dari sejumlah negara di Asia Tenggara. Traveler di sejumlah negara seperti Filipina dan Indonesia disebut sedikit lebih antusias untuk kembali bekerja ke kantor.

"Sementara responden dari Filipina (9%), Vietnam (7%) dan Indonesia (7%) memiliki keinginan lebih besar untuk kembali bekerja di kantor."

Kemudian, hampir satu dari dua responden Indonesia menantikan untuk melakukan hal-hal yang bermakna atau membuat perubahan (46%). Responden Indonesia juga ingin menghabiskan lebih banyak waktu berkualitas dengan orang terkasih (21%) dan bisa bepergian tanpa hambatan (13%).

Semua kelompok umur responden Indonesia, kecuali yang berusia 55 tahun ke atas, ingin melakukan hal bermakna di tahun 2021. Sementara, responden Indonesia berusia 55 tahun ke atas, mereka lebih memilih menghabiskan waktu berkualitas dengan orang terkasih.



Simak Video "Mau Melakukan Perjalanan? Simak Aturan PPKM Jawa-Bali "
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA