Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 16 Jan 2021 05:41 WIB

TRAVEL NEWS

Penampakan Hiu Bikin Traveler Kalang Kabut dan Lari dari Air

Penampakan Hiu
Foto: Penampakan hiu di pantai Whariwarangi (dok. Tom Mills/Istimewa)
Nelson -

Coba bayangkan, lagi asyik-asyik berenang di pantai tiba-tiba muncul penampakan hiu. Puluhan traveler pun langsung kalang kabut dan berlarian meninggalkan air.

Kira-kira, situasi seperti itulah yang terjadi di Taman Nasional Abel Tasman di Selandia Baru. Tom Mills, salah satu wisatawan yang liburan bersama keluarganya di pantai Whariwarangi, mengungkapkan kemunculan hiu di perairan tersebut benar-benar bikin kaget.

Tom bahkan mengira penampakan yang dilihatnya di air itu adalah seekor anjing laut, bukan hiu.

"Saat itu kami sedang berada di air dan kami kira ada anjing laut tak jauh dari kami. Tapi saya dan ayah saya mengatakan, itu hiu," kata Tom, seperti dikutip dari Stuff New Zealand.

Tom dan saudaranya yang gemar memancing, percaya bahwa hiu yang mereka lihat adalah hiu tembaga atau nama ilmiahnya Carcharhinus brachyurus. Beruntung, Tom sempat memperingatkan traveler lainnya akan keberadaan hiu tersebut di pantai Whariwarangi.

"Pasangan turis pertama, mereka tidak bisa bahasa Inggris. Jadi saya melakukan gerakan seperti sirip hiu dan akhirnya mereka paham sebelum lari dari dalam air," Tom menambahkan.

Tom menyebut hiu tembaga itu berada cukup lama di perairan tepi pantai. Dia seperti menyusuri sepanjang garis pantai, kemudian tiba-tiba menghilang lagi.

"Sepertinya, dia tidak mengancam manusia, tapi saya tidak akan pergi berenang lagi. Sungguh sebuah pemandangan yang menakjubkan, saya tidak pernah melihat ada hiu yang berada sangat dekat pantai seperti ini," dia menambahkan.

Clinton Duffy, ahli Biologi Kelautan, menyebut hiu tembaga merupakan spesies yang umum dijumpai di Selandia Baru. Hiu ini bisa tumbuh hingga mencapai panjang 3 meteran.

Hiu ini tidak berbahaya, kecuali bila Anda adalah seorang nelayan tombak. "Mereka mungkin melihat nelayan dengan tombak sebagai saingan untuk berburu ikan. Mereka terkenal kerap mencuri ikan dari para nelayan," kata Duffy.



Simak Video "Seorang Wanita Tewas Diserang Hiu di Selandia Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA