Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 16 Jan 2021 11:43 WIB

TRAVEL NEWS

Ramaikan MotoGP, Mandalika Juga Bakal Ada Mini Triatlon

sandiaga di Mandalika
Foto: (Masaul/detikcom)
Lombok -

Pagi ini, Menparekraf Sandiaga Uno melakukan percobaan mini triatlon. Sedianya, acara sport tourism ini untuk menyambung kemeriahan gelaran MotoGP.

Mini triatlon akan dilaksanakan di Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Acara itu bakal diselenggarakan pada akhir tahun nanti.

"Kita baru saja menyelesaikan mini triatlon trial. Jadi tadi kami berenang di Tanjung Aan. Kita bersepeda menuju Novotel, kita finish lari di Pantai Kuta Mandalika ini," kata Sandi di lokasi, Sabtu (16/1/2021).

"Ini adalah bagian dari persiapan temen-temen sport tourism untuk mulai menggunakan Mandalika sebagai destinasi super prioritas yang kita fokuskan quick winnya untuk sport tourism," imbuh dia.

sandiaga di MandalikaSandiaga di Mandalika Foto: (Masaul/detikcom)

Sandi menyebut bahwa kawasan Mandalika atau Lombok sangat cocok dijadikan lokasi sport tourism. Ia pun ingin selalu ada acara di sini hingga gaung MotoGP selalu melekat.

"Hari ini kita buktikan alhamdulillah berkat dukungan dari pak dirut ITDC dan temen komunitas bahwa ini tempat yang sangat layak untuk sport tourism," jelas Sandi.

"Saya tadi mencoba sendiri berenang, berlari, dan bersepeda udaranya sangat mendukung. Jadi saya ingin mengajak komunitas-komunitas berkoordinasi dengan ITDC untuk mulai menyusun eventnya di sepanjang tahun ini menjelang MotoGP," imbuh dia menjelaskan.

"Supaya kita dapat meningkatkan semangat dan motivasi. Dan gaung promosi daripada MotoGP ini bisa terasa di seluruh wilayah nusantara," kata dia lagi.

Berapa jarak tempuh mini triatlon, renang, hingga lari yang dilakukan?

"Pokoknya totalnya nyampai-nyampai 45 menit gitu ya. Renang 500 meter, sepeda 7 kilometer, lari 2,5 kilometer, jadi total ada 10 kilometer," tegas dia.

sandiaga di MandalikaLaut Mandalika Foto: (Masaul/detikcom)

Nantinya, kata Sandi, akan ada beberapa event lokal yang bakal dikolaborasikan ke local calender of event. Kira-kira Kemenparekraf akan meluncurkanny setelah PSBB.

"Semua ini kita lakukan dalam protokol kesehatan yang sangat ketat dan disiplin. Dan kita ingin mengingatkan masyarakat tetap patuh prokes 3M di tengah-tengah kegiatan triatlon kita. Nanti mudah-mudahan kegiatan di NTB ini bisa diselaraskan dari Kemenparekraf," urai dia.

"Mandalika Triatlon itu November, Rinjani 100 di April, lalu ada lagi Mandalika 100, rute Mandalika-Sekotong PP. Jadi saya pikir Lombok oke buat sport tourism. Di Juli juga ada Iron Man 70 Point 3," tambah dia menjabarkan.

"Banyak sekali kerjasama event yang kita laksanakan bersama ITDC. Juli juga ada hotel baru dan mungkin akan bisa menggunakan fasilitas hotel baru itu," pungkas Sandi.



Simak Video "Jurus Sandiaga Uno Bikin UMKM Tancap Gas Jelang MotoGP 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA