Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 16 Jan 2021 15:44 WIB

TRAVEL NEWS

Petani Meksiko Temukan Patung Wanita Langka di Kebun Jeruk

Patung Ratu Meksiko
Foto: Patung wanita yang langka ditemukan di Meksiko (AP)
Huasteca -

Seorang petani di Meksiko menemukan sebuah benda yang cukup mengejutkan. Sebuah patung wanita langka yang dia temukan di semak-semak kebun Jeruk miliknya.

Seorang petani di Meksiko tidak pernah menyangka bakal menemukan benda purbakala sewaktu bekerja di kebun jeruknya. Saat sedang menggali tanah di dekat semak-semak kebun jeruk miliknya, tiba-tiba cangkulnya menghantam benda keras.

Rupanya benda itu adalah sebuah patung yang terbuat dari batu. Sosoknya adalah seorang wanita. Penemuan yang terjadi tepat di Tahun Baru itu pun dilaporkan ke otoritas terkait.

Para ahli dari National Institute of Anthropology and History memperkirakan sosok wanita tersebut adalah bangsawan atau keluarga kerajaan, dan bukanlah dewa atau dewi.

Patung wanita itu diperkirakan berasal dari periode tahun 1450-1521. Sosok wanita itu digambarkan mengenakan hiasan kepala nan indah yang menunjukkan status sosialnya yang tinggi di masyarakat.

Titik dimana si petani jeruk menemukan patung tersebut rupanya dekat dengan reruntuhan situs pra-Hispanis bernama El Tajin. Di situs tersebut, ditemukan beberapa patung yang terpengaruh oleh gaya suku Aztec.

Tapi, lokasi penemuan patung tidak termasuk dalam situs arkeologi tersebut. Para ahli menduga, patung wanita itu telah dipindahkan dari lokasi aslinya ke lokasi terakhir dimana dia ditemukan.

Arkeolog Maria Eugenia Maldonado memiliki teori bahwa patung tersebut adalah patung seorang penguasa setempat di masa itu, daripada patung seorang dewi. Maria juga berpendapat bahwa patung tersebut adalah gabungan dari dewi dan wanita dengan status politik yang sangat tinggi di Huasteca.

"Berdasarkan posturnya, patung ini adalah penguasa, bukan seorang dewi. Patung ini seperti gabungan dari dewi dan seseorang dengan status politik yang sangat tinggi di Huasteca. Seperti patung dewi kesuburan," kata Maria.



Simak Video "Penampakan 50 Tengkorak Raksasa Mejeng di Jalanan Meksiko"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA