Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 16 Jan 2021 16:21 WIB

TRAVEL NEWS

Rekor! Pria Ini Paling Banyak Koleksi Uang dari Berbagai Negara

Syanti Mustika
detikTravel
Uang Kertas Yen jepang. dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Ilustrasi (Foto: Dikhy Sasra)
New Delhi -

Seorang pria dari India berhasil memecahkan rekor baru. Dia tercatat memiliki 410 mata uang dari beragam negara di dunia.

Memang, hobi setiap orang berbeda dan unik. Seperti pria dari Chennai, India ini yang mengoleksi mata uang dari beragam negara hingga jumlahnya ratusan.

Diberitakan Hindustan News, pria Chennai ini bernama Annamalai Rajendran. Dalam kesehariannya dia seorang software engineer dan berusia 34 tahun.

Namun dia punya hobi yang menarik, yaitu mengoleksi mata uang. Selama 10 tahun terakhir dia telah mengumpulkan uang kertas sebanyak 410 lembar dari 189 negara anggota PBB. Rekornya ini mengalahkan yang sebelumnya dipegang oleh Jayesh Kumar dari Coimbatore.

"Ini hobi yang dimulai 10 tahun lalu demi menjaga keseimbangan kehidupan kerja yang kemudian menjadi hasrat dimana saya ingin mengenal lebih banyak tentang negara lain dan tradisi mereka. Saya mengumpulkan sebagian besar uang ini melalui teman dan lelang numismatik," ujar Annamalai.

Rekornya ini pun diakui oleh Asia Book of Records dan India Book of Records. Beberapa mata uang yang dia kumpulkan beragam, mulai rentang waktu abad ke-17 hingga abad 21 ini. Mereka terbuat dari bahan yang berbeda seperti kertas, polimer, karton, emas dan kain.

Adapun koleksi pria ini yang menarik adalah alat pembayaran emas pertama di dunia dari Antigua dan Barbuda. Juga ada koin 'glow in the dark' pertama di dunia, koin kuno mulai dari Kerajaan Chola India hingga Kekaisaran Romawi di Barat.

Koleksi mata uang Annamalai pun dipamerkan dalam Asia Book of Records and India Book of Records sebagai 'Collection of Banknotes from Maximum Nations'. Bagaimana hobi koleksi uang ini menurut traveler? Kamu punya hobi unik kah?



Simak Video "Setahun Upaya India Tekan Penyebaran Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA