Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 16 Jan 2021 23:42 WIB

TRAVEL NEWS

Maskapai di AS Berencana Sedot Karbondioksida dari Langit

United Airlines
Foto: Ilustrasi United Airlines (Dok. United Airlines)
New York -

Sebuah maskapai di Amerika Serikat berniat untuk menyelamatkan lingkungan. Sambil terbang, mereka ingin menyedot sebanyak mungkin gas karbondioksida di langit.

United Airlines, maskapai asal Amerika Serikat, dilaporkan sedang melakukan investasi besar-besaran untuk sebuah teknologi yang mungkin tidak akan mendatangkan banyak uang, tetapi teknologi itu akan sangat bermanfaat bagi lingkungan.

Teknologi itu adalah teknologi penangkapan karbon, teknologi baru yang didesain untuk menyedot gas karbondioksida (CO2) dari atmosfer. Sejauh ini, baru maskapai United Airlines yang berkomitmen serius untuk mencoba teknologi itu.

Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Sabtu (16/1/2021), United Airlines adalah maskapai besar pertama di AS yang mengambil langkah maju guna menyingkirkan gas rumah kaca yang mereka hasilkan sendiri yang diketahui merupakan salah satu penyebab meningkatnya suhu secara global.

United Airlines sendiri memiliki visi sebagai maskapai dengan zero emisi di tahun 2050. Tujuan itu dinilai bagus oleh beberapa organisasi pecinta lingkungan, mengingat perubahan iklim sekarang ini sudah demikian parah.

"Krisis akan segera berakhir. Itulah mengapa kami mengalihkan fokus kepada krisis lain yang akan mengubah perilaku kita secara lebih dramatis daripada apa yang dilakukan pandemi Corona, yaitu krisis perubahan iklim. Semakin lama kita menunggu, semakin drastis perubahan itu akan terjadi," ujar Scott Kirby, CEO United Airlines lewat Medium.

Steve Oldham, CEO Carbon Engineering, yang mengembangkan teknologi penangkapan karbon, menyebut United Airlines mengambil langkah yang tidak biasa untuk proses dekarbonisasi.

"Ketika kebanyakan orang berpikir untuk menghentikan emisi, di sini ada perusahaan yang sangat kredibel mengatakan bahwa solusi terbaik untuk masalah emisi adalah dengan menghilangkannya," kata Steve

Tidak banyak perusahaan di dunia yang bergerak di bidang teknologi penangkapan karbon langsung dari udara. Namun hal tersebut bukan suatu hal yang tidak mungkin untuk dilakukan. United Airlines menolak untuk mengungkapkan nilai investasi mereka terhadap teknologi tersebut.



Simak Video "KNKT Amerika Serikat Sebut Boeing Tidak Alami Gagal Mesin"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA