Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 17 Jan 2021 17:20 WIB

TRAVEL NEWS

SDM Jadi Masalah Utama Pariwisata Lombok, Ini Kata Sandiaga

Menparekraf Sandiaga Uno kunker ke Lombok
Foto: Kunker Menparekraf Sandiaga Uno (Ahmad Masaul Khoiri/detikTravel)
Mataram -

Lombok terus berbenah untuk membangun pariwisatanya. Tak hanya infastruktur yang diperhatikan, sumber daya manusia (SDM) juga jadi sorotan berikutnya.

Menparekraf Sandiaga Uno mengunjugi Poltekpar Lombok dalam kunjungan maratonnya ke lima destinasi super prioritas. Di lokasi, ia disuguhi minuman bernama seruang, minuman rempah buatan mahasiswa pariwisata.

Ia disuguhi minuman itu setelah mengisi diskusi di gedung rektorat. Sekali lagi, hal lain yang disoroti pembangunan manusianya.

"Minuman bernama seruang inilah bentuk-bentuk inovasi yang perlu kita lahirkan dari Poltekpar Lombok ini," kata Sandi, Minggu (17/1/2021).

"Saya tadi mendapat pesan dari pak gubernur bahwa pembangunan pariwisata dan ekonomi kita adalah di SDM-nya dan kawah candradimuka-nya ada di kampus ini," imbuh dia.

Ia mengulangi keinginannya agar kampus pariwisata itu dapat menjadi rujukan orang-orang mempelajari dunia wisata. Di sisi lain, lulusannya diharap mampu menjadi pilar utama berkembangnya pariwisata Lombok.

"Saya membayangkan dan memimpikan bahwa Poltekpar Lombok ini akan menjadi center of excellent akan menjadi pusat bukan hanya ilmu juga aplikasi industri kepariwisataan juga ekonomi kreatif untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya," urai dia.

Menparekraf Sandiaga Uno kunker ke LombokMenparekraf Sandiaga Uno kunker ke Lombok Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikTravel

Terakhir, kampus pariwisata itu juga harus terlibat dalam gelaran MotoGP yang akan digelar di Mandalika nanti. Juga, kampus ini harus bisa menebar ilmu terbaik yang membahas soal pariwisata.

"Tadi pak gubernur mengatakan hal penting bahwa MotoGP bisa melibatkan mahasiswa yang ada di sini. Juga Poltekpar ini harus mampu mengajak orang-orang terbaik talenta-talenta terbaik untuk menebar ilmu di sini," terang Sandi.

Menparekraf Sandiaga Uno melakukan diskusi bersama mahasiswa Poltekpar (Politeknik Pariwisata) Lombok juga pengajarnya. Ia langsung mengingatkan bahwa mahasiswa harus tahu dasar dalam bisnis pariwisata.

Sandi menginginkan agar Poltekpar Lombok ini memiliki center of excellent. Nanti, talenta terbaik ini akan didata diberi beasiswa.

"Saya ingin mengajak Poltekpar membangun Lombok. Karena pariwisata bukan hanya membangun infrastruktur, tapi juga SDM, talenta, dan perilakunya," kata Sandi.

Ia lalu mencontohkan adanya kampung homestay di Gerupuk, Mandalika. Kata dia, ada kamar dengan sprei yang tak cocok digunakan. Itu adalah hal dasar pertama.

"Di Gerupuk, Mandalika ada homestay dengan sprei cokelat. Padahal basicnya sprei kata turis itu putih. Harus diperhatikan itu," tegas Sandiaga Uno.



Simak Video "Sandiaga Uno Sambangi KPK, Ada Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA