Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 19 Jan 2021 21:36 WIB

TRAVEL NEWS

Banjir Bandang Terjang Puncak, Agro Wisata Gunung Mas Tutup Sementara

M Sholihin
detikTravel
Banjir bandang yang sempat menerjang Kampung Gunung Mas mengakibatkan lokasi wisata agro Gunung Mas Puncak ditutup sementara hingga waktu yang tidak ditentukan.
Banjir bandang melanda Gunung Mas, Puncak, Bogor. Foto: M Sholihin

Saat ini, kata Dedi, ada 174 pengungsi yang ditempatkan di fasilitas penginapan milik agro wisata Gunung Mas.

"Kita sudah tempatkan warga di tempat-tempat yang sudah ditentukan, tempatnya yang disebutkan tadi, di lokasi yang aman karena khawatir terjadi banjir bandang susulan. Kami gunakan fasilitas penginapan, ada 21 pondokan, 10 wisma dan 3 bungalow," sebutnya.

Banjir bandang yang sempat menerjang Kampung Gunung Mas mengakibatkan lokasi wisata agro Gunung Mas Puncak ditutup sementara hingga waktu yang tidak ditentukan.Korban banjir bandang Gunung Mas Foto: M Sholihin

"Tetapi tidak semua warga yang menempati tempat-tempat yang kita sediakan, karena ada sebagian dari mereka ke rumah saudaranya di sekitar sini di luar Gunung Mas," tambah Dedi.

Penyebab banjir bandang

Dedi menyebut, banjir bandang yang terjadi tadi pagi merupakan kejadian yang pertama kalinya. Banjir bandang ini terjadi akibat material longsor yang terjadi bulan lalu dan menyumbat aliran Sungai Cisampay.

Banjir bandang yang sempat menerjang Kampung Gunung Mas mengakibatkan lokasi wisata agro Gunung Mas Puncak ditutup sementara hingga waktu yang tidak ditentukan.Banjir bandang yang sempat menerjang Kampung Gunung Mas mengakibatkan lokasi wisata agro Gunung Mas Puncak ditutup sementara hingga waktu yang tidak ditentukan. Foto: M Sholihin

"Banjir bandang ini yang pertama kali terjadi, banjir bandang ini sebenarnya berasal dari pusat titik longsoran di Curug Cisampay, karena satu bulan lalu ada longsoran-longsoran yang menyumbat aliran Sungai Cisampay. Kemudian terjadi lagi hujan dengan intensitas tinggi, sehingga terjadi lagi longsoran-longsoran kecil yang membuat bendungan akibat longsor di aliran sungai, turun dan mengalir dan terjadi air bah," beber Dedi.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Penampakan Kerusakan Akibat Banjir Bandang di Gunung Mas Bogor"
[Gambas:Video 20detik]

(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA