Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 22 Jan 2021 18:09 WIB

TRAVEL NEWS

Bakal Ada 600 Km Jalur Sepeda di DKI, Sudirman Sampai HI Jadi Jalur Permanen

Para pesepeda di ibukota kerap mengeluhkan minimnya jalur yang steril. Sudah banyak lubang, diserobot pula oleh kendaraan. Neraka! Keluhan ini dijawab sejumlah relawan berseragam chef resto bintang 5 dalam sebuah aksi simpatik di Jl Sudirman, Jaksel.
Sepeda di ibukota, jalur sepeda akan ditambah menjadi total 600 km. Jalur sepeda di Sudirman-Thamrin bakal jadi jalur permanen Foto: Rengga Sancaya/detikcom
Jakarta -

Kota Jakarta akan punya lebih banyak jalur sepeda. Jalur sepeda yang ada sekarang akan diperbaiki agar membuat Jakarta lebih ramah untuk bersepeda.

Dalam rapat yang diadakan Jumat, (22/1/2021) Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mendukung secara penuh rancangan program Pengurus Provinsi Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DKI Jakarta.

Program itu diantaranya ialah menjadikan DKI Jakarta sebagai kota yang ramah untuk bersepeda (Jakarta Bike City) dan akan memperbaiki jalur sepeda yakni dengan menyiapkan Pop Up Bike Line secara menyeluruh di DKI Jakarta.

Tidak seperti jalur sepeda di beberapa ruas jalan yang hanya dibatasi dengan cat putih, ke depan jalur sepeda akan dibuat lebih bagus sehingga bisa lebih aman dari pengguna jalan yang lain. Rencananya akan ada 600 km jalur sepeda yang dibangun di DKI Jakarta sampai tahun 2030.

Untuk kawasan seperti Jalan Sudirman sampai Bundaran Hotel Indonesia, Dishub juga akan menyiapkan jalur sepeda permanen seperti halnya jalur bus TransJakarta. Sementara ISSI juga meminta seluruh jalur sepeda yang ada diperbaiki seperti lubang bekas galian manhole ataupun sambungan antar beton jalan.

"Dalam rapat itu kami juga menyampaikan gagasan dilakukan road maps jangka panjang untuk menerapkan DKI Jakarta menjadi kota yang ramah untuk pesepeda karena terdapat 3 pilar yakni sepeda sebagai sarana prestasi, rekreasi, dan transportasi," ujar Ketua Umum Pengurus Provinsi Ikatan Sport Sepeda Indonesia (Pengprov ISSI DKI Jakarta) Novian Herbowo dalam pernyataan yang diterima detikcom.

Sementara selain penyediaan jalur sepeda yang lebih aman dan ramah pesepeda, Novian juga menyampaikan ISSI DKI Jakarta akan memberikan pelatihan dasar bersepeda (Basic Sport Cycling) kepada masyarakat DKI Jakarta agar tercipta budaya bersepeda yang sehat dan aman.

Kepala Bidang Umum, Sarana dan Prasarana Pengprov ISSI DKI Jakarta Fahrudine Fathur menambahkan bahwa beberapa sekolah di DKI Jakarta akan diadakan kegiatan bersepeda dan nantinya sekolah akan menjadikan sepeda ini sebagai kegiatan ekstrakurikuler.

Kadishub DKI, Syafrin Liputo juga memberikan instruksi untuk membuat tim kelompok kerja untuk menyusun dan membuat buku panduan bersepeda yang akan dikemas dalam bentuk aplikasi digital agar dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat DKI Jakarta.

Pertemuan ISSI DKI Jakarta dengan DishubPertemuan ISSI DKI Jakarta dengan Dishub DKI Foto: ISSI DKI Jakarta

Kelompok kerja itu diketuai langsung oleh Ferdinand dari Dishub DKI Jakarta dan ISSI DKI Jakarta, serta Hendi Rachmat (Founder Westbike Messenger).

Untuk mendukung konsep Jakarta Bike City sedianya, tahun 2021 ini akan dilaksanakan beberapa event yang dikolaborasikan oleh ISSI DKI Jakarta dengan Dinas Perhubungan, namun masih menyesuaikan situasi dan kondisi pandemi, khususnya di DKI yang masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).



Simak Video "Sensasi Gowes Melewati Jembatan Gantung di Curug Depok"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA