Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 24 Jan 2021 05:02 WIB

TRAVEL NEWS

Giant Panda Ini Kurus Banget, Sampai Viral untuk Dipulangkan

Bonauli
detikTravel
Giant Panda viral karena terlalu kurus
Ya Ya, Giant Panda yang viral untuk dipulangkan (Sina Weibo)
Tennessee -

Giant Panda ini kasihan banget. Badannya kurus sekali, sampai-sampai muncul petisi agar dipulangkan ke negeri asalnya China saja.

Dilansir dari Global Times, Minggu (24/1/2021), sebuah video viral Giant Panda viral di media sosial. Panda tersebut kemudian diketahui berasal dari Kebun Binatang Memphis di Tennessee, Amerika Serikat.

Panda ini memang didatangkan langsung dari China untuk mewarnai Kebun Bintang Memphis pada tahun 2003. Panda bernama ya ya itu didatangkan ke AS bersama pasangannya, Le Le.

Menurut netizen, Ya Ya tampak sangat memprihatinkan dalam video tersebut. Ya Ya dinilai lemah dan terlalu kurus. Penampakan Ya Ya yang menyedihkan itu direspons warganet China.

Banyak yang mempertanyakan soal pasokan makanan segar untuk panda. Saking viralnya, masyarakat China menyerukan untuk memulangkan kembali Ya Ya ke Negeri Tembok Raksasa.

Staf di Asosiasi Kebun Binatang China (CAZG) menyatakan bahwa tuduhan itu tidak benar. Dia menyebut Ya Ya telah berumur 22 tahun dan dianggap sebagai panda tua. Selain itu, Ya Ya juga menderita penyakit kulit, sehingga kesehatannya tidak begitu baik.

"Ada gangguan kesehatan lain atau tidak, bisa dipastikan dengan pemeriksaan fisik. Kita tidak bisa menyimpulkan lewat video saja," ujar Diao Kunpeng, seorang ahli panda dan direktur Ekologi Qingye Beijing.

Untuk membuktikan, CAZG langsung berkomunikasi dengan Kebun Binatang Memphis. Kebun binatang tersebut mengonfirmasi bahwa tidak ada masalah pada kehidupan panda Ya Ya, termasuk persediaan makanan dan ruang hidupnya.

Setelah diselidiki, video tersebut dibuat pada Mei 2014. Agar salah informasi itu tidak berkepanjangan, kebun binatang membuat video terbaru tentang Le Le dan Ya Ya.

Kebun Binatang Memphis adalah satu dari tiga kebun binatang di AS yang memiliki giant panda. Saat ini, kebun binatang sedang tutup untuk umum, tapi akan dijadwalkan untuk buka kembali dengan protokol baru di akhir pekan ini.

(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA