Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 27 Jan 2021 06:41 WIB

TRAVEL NEWS

Pramugari Kereta Api, Ini 4 Fakta Tentang Mereka

Tim detikcom
detikTravel
Pramugari tak hanya ada di pesawat tetapi juga di kereta api. Para prami dan prama ini bertugas untuk memberikan pelayanan kepada para penumpang KA jarak jauh.
Pramugari kereta api (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Kereta api kini memiliki pramugari dan pramugara bak di kabin pesawat. Mereka biasa mondar-mandir di dalam gerbong.

Berikut ini adalah poin-poin sekilas tentang pramugari di kereta api. Setidaknya ada empat poin utama yang berkenaan tentang mereka:

1. Pengenalan pertama pramugari kereta api dan pesawat

Prami dan prama atau pramugari atau pramugara kereta api, begitulah panggilan mereka. Seperti awak kabin pesawat, pekerjaan sebagai prami dan prama bukan hal mudah.

Tugas melayani penumpang digilir untuk semua kelas. Tak ada keistimewaan pramugara kereta api dan pramugari kereta api untuk hanya melayani penumpang kelas eksekutif atau hanya ekonomi seperti awak kabin pesawat.

Dalam satu kru ada dua prama dan dua prami yang bertugas. Prama atau pramugara kebanyakan bertugas di restorasi, sedangkan prami berkeliling menawarkan makanan. Tapi, tak jarang juga prama membantu berjualan.

Jika awak kabin pesawat mempunyai ruang khusus untuk beristirahat, prama dan prami menyebutnya sebagai ruangan rahasia. Ruang tersebut berada di samping musala, dekat dengan gerbong restoran.

2. Pramugari kereta api digembleng TNI

Pramugari kereta api selalu tersenyum, santun, dan anggun. Mereka mempunyai mental sekuat baja.

Mereka digodok di Lembang, Jabar selama sepekan, dibekali pelatihan oleh perusahaan dan TNI. Tak cuma kena omelan, calon prami dan prama yang tidak disiplin juga akan kena hukum.

Selain pelatihan mental, prama dan prami juga dibekali dengan kemampuan medis, utamanya pada pertolongan pertama. Mereka dituntut untuk bisa mengobati luka bakar, patah tulang hingga persalinan.

3. Duka pramugari kereta api

Bukan latihan semi militer yang bikin pramugari kepayahan. Pertama adalah momen mabuk perjalanan saat bertugas.

Meski mabuk selama perjalanan, harus menahan mual sambil bertugas. Senyum tetap harus mengembang di wajahnya. Salam dan gestur sopan tetap harus ditampilkan.

Pengalaman ini tak membuat pramugari kereta api mundur. Justru itu semakin membuatnya cinta dengan perjalanannya karena lingkungan kerja yang kompak juga membuatnya betah.

4. Tugas pramugari kereta api

Selain melayani kebutuhan penumpang, apa yang dilakukan pramugari kereta api? Satu jam sebelum keberangkatan, mereka sudah harus ada di stasiun dan menghitung barang yang nantinya akan dijual di restorasi.

Prami dan prama bergantian mengecek peralatan di restorasi, memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Seperti microwave, chiller dan boiler. Semua dipastikan sudah menyala sebelum berangkat.

Saat boarding, ada satu prama dan prami yang menunggu penumpang boarding di peron keberangkatan. Tugasnya mengarahkan gerbong dan tempat duduk penumpang.

Setelah boarding, prami dan prama masih harus melanjutkan apel dinas bersama kondektur, polsuska, teknisi Kereta Api, dan tim On Trip Cleaning (OTP). Senior Train Attendent atau prami senior akan memimpin briefing dan doa.

Kala ular besi mulai berjalan, pramugari kereta api atau prami dan prama masuk ke ruang announcer untuk mengumumkan menu apa saja yang tersedia di restoran. Pemesanan melalui aplikasi TERE (Teman Reska) atau Dispatch Center dipantau secara berkala.

Infografis: Beda Pramugari KA dan PesawatInfografis: Beda Pramugari KA dan Pesawat Foto: Denny Pratama


Simak Video "Eksklusif! Di Balik Perjalanan 14 Jam Pramugara-Pramugari Kereta Api"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA