Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 27 Jan 2021 09:51 WIB

TRAVEL NEWS

Warga Wuhan Sudah Hidup Normal Sampai 92 Daerah Zona Merah

Tim
detikTravel
Sebagian besar kehidupan di Wuhan telah kembali normal, bahkan ketika seluruh dunia masih bergulat dengan penyebaran varian virus corona baru penyebab Covid-19 yang lebih menular.
Warga Wuhan hidup normal (Getty Images)
Jakarta -

Pandemi masih terus menyelimuti dunia. Tapi di Wuhan warganya sudah hidup normal, sementara di Indonesia masih ada 92 daerah yang jadi zona merah.

Sebagian besar kehidupan di Wuhan telah kembali normal, bahkan ketika seluruh dunia masih bergulat dengan penyebaran varian virus corona baru penyebab Covid-19 yang lebih menular. Bencana ini juga telah menewaskan lebih dari 2 juta orang di seluruh dunia.

Padahal, Wuhan menyumbang sebagian besar dari total 4.635 kematian di China akibat Covid-19, jumlah yang sebagian besar tetap statis selama berbulan-bulan.

Meski kota ini sebagian besar telah bebas dari wabah lebih lanjut sejak penguncian dicabut pada 8 April 2020, tetapi pertanyaan tentang asal-usul virus corona dan apakah otoritas China bertindak dengan cepat dan transparan masih terus dipertanyakan.

Sejak berakhirnya lockdown, Wuhan sebagian besar telah terhindar dari wabah lebih lanjut. Menurut penduduk, Wuhan berhasil karena kesadaran yang meningkat akibat pengalaman traumatis tahun lalu.

Wuhan dipuji karena pengorbanannya dalam melayani bangsa, mengubahnya menjadi semacam Stalingrad dalam perang China melawan virus. Keberhasilan Wuhan juga tertuang dalam buku, dokumenter, acara TV, dan apresiasi dari para pejabat termasuk kepala negara dan pemimpin Komunis Partai Xi Jinping.

Sementara itu, Satgas Penanganan COVID-19 Indonesia melakukan pemutakhiran peta risiko Corona. Per 24 Januari ini ada 92 daerah yang masuk zona merah Corona.

Angka ini memang turun dibanding per 17 Januari dimana saat itu ada 108 kabupaten/kota berstatus zona merah Corona.

Beberapa provinsi yang kabupaten/kotanya paling banyak masuk zona merah antara lain, Sulawesi Tengah, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat. Di DKI Jakarta, hanya Kepulauan Seribu yang tidak masuk zona merah.

Berikut berita terpopuler detikTravel, Selasa (26/1/2021):

(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA