Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 27 Jan 2021 19:11 WIB

TRAVEL NEWS

Yuk! Tur Virtual ke 10 Surga Tersembunyi di Indonesia

Menparekraf Sandiaga Uno
Foto: Menparekraf Sandiaga Uno (dok. Kemenparekraf)
Jakarta -

Indonesia kaya akan keindahan alam dan budayanya yang begitu mempesona. Tapi masih banyak kawasan yang ternyata belum banyak diketahui wisatawan.

Pandemi pun membuat banyak rencana liburan tertunda. Jadi semakin sulit bagi pelaku wisata untuk mempromosikan keindahan Indonesia yang tersembunyi. Dalam hal ini, desa wisata memiliki potensi untuk meningkatkan industri pariwisata di Indonesia.

"Desa yang berbasis komunitas atau memiliki community base tourism bisa juga bisa menjadi jawaban atas tantangan wisata berkelanjutan dengan meningkatkan kapasitas SDM dan ekonomi masyarakat lokal yang terlibat. Karena itulah, Kemenparekraf mendukung pengembangan desa wisata di seluruh Indonesia, kita mendukung all out desa wisata," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, Rabu (27/1/2021) dalam konferensi pers Virtual Indonesia-Surga yang tersembunyi.

Untuk itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan travel platform yang mempermudah perjalanan Indonesia, Traval.co dan juga platform edukasi dan promosi terkait beberapa rekan tur operator, Caventer mengajak traveler untuk ikut virtual tur ke destinasi indah yang yang belum banyak diketahui di Indonesia. Program ini dinamakan 'Virtual Indonesia: Surga yang Tersembunyi'.

"Terobosan Kemenparekraf yang terbaru dalam memperkenalkan desa wisata adalah berkolaborasi dengan travel.co dan carventer, bersama sama kami akan kita akan melakukan tur virtual dari 10 desa wisata yang tersebar di Indonesia. Dari wilayah Indonesia bagian barat sampai Indonesia timur," sambung Sandi.

Untuk traveler yang mau join, tur virtual akan ditampilkan secara daring di Youtube Pesona Indonesia. Catat tanggalnya ya, mulai 30 Januari-28 Februari 2021 setiap pukul 10.00 WIB. Menariknya lagi traveler tidak akan dipungut biaya alias gratis.

"Diharapkan dengan dilaksanakannya tur virtual ini masyarakat bisa berkesempatan untuk mengenal lebih dalam lagi, lebih baik lebih luas apa itu desa wisata dan kebudayaan lokal yang keren," kata Sandi.

Berikut 10 desa wisata atau kawasan yang telah terpilih:

1. Desa Pulau Baguk, Pulau Banyak, Aceh Singkil

2. Pulau Belibak, Kepulauan Anambas

3. Desa Karangduwur, Kabupaten Kebumen

4. Desa Wisata Nanas Madu, Kabupaten Pemalang

5. Desa Bayan, Lombok Utara

6. Kawasan Kabola, Pulau Alor

7. Desa Aisandami, Teluk Wondama

8. Desa Bajo Mola, Kepulauan Wakatobi

9. Desa Ngilngof, Kepulauan Kei

10. Desa Sebujit, Kabupaten Bengkayang



Simak Video "Pesan Wishnutama ke Sandiaga: Tantangan ke Depan Luar Biasa!"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA