Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 10 Feb 2021 13:47 WIB

TRAVEL NEWS

Akhirnya, Zona 1 Candi Prambanan Dibuka untuk Wisatawan

Candi Prambanan
Candi Prambanan (Lena Ellitan/d'traveler)
Sleman -

Zona utama atau zona 1 Candi Prambanan akhirnya kembali dibuka untuk wisatawan.

Sebelumnya, zona 1 candi telah ditutup saat masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari tanggal 26 Januari hingga 8 Februari 2021.

Sekretaris Perusahaan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko Emilia Eny Utari menjelaskan zona 1 candi mulai dibuka untuk wisatawan pada Rabu (10/2/2021). Akan tetapi, ia menjelaskan wisatawan belum bisa naik ke candi.

"Sesuai informasi BPCB DIY, akan membuka kembali pelataran zona I Prambanan. Namun, wisatawan belum bisa naik ke atas candi, karena kondisinya masih pandemi. Maka kita semua menjaga agar tidak terjadi penyebaran di kawasan ini," Emilia dalam keterangannya, Rabu (10/2/2021).

Ia menjelaskan, sebagai pengelola destinasi Taman Wisata Candi Prambanan pihaknya menyambut pembukaan zona I Candi Prambanan ini dengan antuasias. Pembukaan ini tentunya lebih menarik minat wisatawan yang akan berkunjung ke TWC Prambanan.

Ia juga berpesan agar setiap wisatawan bisa mematuhi protokol kesehatan.

"Kami harap pengunjung menjalankan protokol kesehatan, jaga jarak, memakai masker dan mengikuti tata tertib, sehingga semua akan terjaga aman," pesannya.

Sementara itu, GM TWC Prambanan Aryono Hendro Malyanto menyebut selama ini hanya zona 2 candi saja yang dibuka untuk wisatawan. Oleh karena itu, dengan dibukanya zona 1 ini setidaknya bisa sedikit memanjakan wisatawan.

"Kebanyakan wisatawan kurang puas. Mereka bisa lihat candi dengan jelas, namun tidak berinteraksi langsung. Jika zona I dibuka, maka guide bisa menerangkan jelas. Jika zona utama dibuka maka keinginan wisatawan dapat terpenuhi," kata Aryono.



Simak Video "Keindahan Candi Borobudur, Konon Dibuat Selama 75 Tahun Lamanya, Magelang"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA