Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 15 Feb 2021 19:13 WIB

TRAVEL NEWS

Ada Salju di Arab, Langka Banget!

Salju di Kota Tabab, Arab Saudi
Foto: ABC
Tabab -

Sebuah penampakan langka terjadi di Arab Saudi. Salju menutupi bukit-bukit yang selama ini gersang. Mengutip ABC, fenomena salju di Arab ini terjadi pada 9 Februari 2021 lalu, tepatnya di Kota Tabab, di wilayah Abha, Arab Saudi

Dari video drone yang diperlihatkan ABC, Kota Tabab sepenuhnya ditutupi oleh putihnya salju. Padahal daerah ini tadinya hanya padang pasir. Video itu diunggah

"Sangat jarang melihat salju di Tabab, cantik," ujar seorang netizen di Twitter seperti dilihat detikcom.


Badan Meteorologi Arab Saudi mengatakan salju turun di Kota Tabab, Arab Saudi disertai dengan embusan angin dingin.

Tabab merupakan daerah yang terletak di barat daya Arab Saudi dekat perbatasan dengan Yaman. Jika terus melaju ke barat daya, traveler bakal menemui Laut Merah yang terkenal.

Bukan Kali Pertama Salju Turun di Arab

Ini bukan pertama kalinya salju turun di Arab Saudi. Tahun 2020 lalu salju turn pada bulan Januari di wilayah Tabuk. Salju saat itu disebabkan oleh badai yang sangat kuat dari Eropa selatan dan wilayah Mediterania menuju Timur Tengah. Kondisi ini menarik udara dingin dan menghasilkan hujan salju.

Kemudian bulan November lalu, terjadi perubahan cuaca ekstrem yang menyebabkan sebagian gurun Arab Saudi mengalami suhu di bawah nol derajat. Perubahan suhu itu juga diikuti oleh turunnya salju dan banjir.

Salju pertama kali dilaporkan di bagian utara Arab Saudi pada tanggal 23 November 2016. Pada tanggal 25 November 2016, suhu mencapai -4 derajat Celcius di kawasan Turaif, wilayah perbatasan utara. Dan terdapat lapisan saju di wilayah tengah dan timur laut.

Perubahan suhu yang musiman ini ternyata juga disertai dengan hujan dan kilat. Fenomena alam ini pun menyebabkan banjir dan dilaporkan terdapat 7 orang yang meninggal karena banjir.

PAda tanggal 22 Desember 2016, salju juga turun di Palestina, Suriah dan bagian negara lain di Timur Tengah. Walau tidak terjadi setiap tahun, namun terkadang fenomena salju tetap mengejutkan dunia.

Rentetan peristiwa di atas membuktikan bahwa salju bukanlah hal baru bagi kawasan Arab Saudi. Pada Januari 2016, salju turun di Makkah dan Madinah untuk pertama kalinya setelah 85 tahun.



Simak Video "Hujan Salju Langka Terjadi di Saudi, Pegunungan-Jalanan Memutih"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA