Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 23 Feb 2021 17:42 WIB

TRAVEL NEWS

Kemenparekraf dan Pemprov Jabar Targetkan 500 Ribu Lowongan Kerja dari KEK Lido

Siti Fatimah
detikTravel
Menparekraf Sandiaga Uno menemui Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Senin (22/2/2022).
Menparekraf Sandiaga Uno menemui Gubernur Jabar Ridwan (dok. Kemenparekraf)
Bandung -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI bertekad membuka lapangan kerja lewat wisata. Mereka mematok bisa membuka 500 ribu lapangan pekerjaan baru.

Salah satunya melalui pengembangan Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK) Lido di Kabupaten Bogor. Itu menjadi KEK pariwisata pertama di Jabar.

Rencana tersebut diungkapkan dalam pertemuan antara Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan Menparekraf Sandiaga Uno di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (22/2) sore.

"Mudah-mudahan bisa didukung dari skala promosi desa sampai infrastruktur. Sampai hari ini berita terbaik datang dari KEK pertama pariwisata di Jabar adalah di Lido (Kab Bogor)," ujar Emil, sapaan akrab Gubernur Jabar Ridwan Kamil, dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa (23/2/2021).

Desain KEK Lido bakal dikembangkan dengan atraksi wisata themepark kelas dunia, kursus golf, retail, resor, hotel berbintang, transit oriented development (TOD), serta pengembangan pusat ekonomi kreatif seperti film dan seni pertunjukan.

"Mudah-mudahan ini (KEK Lido) bisa berhasil, dan Pak Menteri bisa menasionalkan gagasan kami. Kemudian setelah ini akan ada berbagai kolaborasi insyaallah bisa dilakukan," dia berharap.

Sementara itu, Menparkeraf Sandiaga Uno akan meninjau langsung KEK Lido pada Maret mendatang untuk memantau perkembangannya. Menurutnya, pusat dan daerah dapat berkolaborasi memanfaatkan lahan-lahan kosong untuk pengembangan pariwisata dan dapat menyerap banyak tenaga kerja.

"Lahan-lahan yang ada di BUMN bisa dikelola untuk menciptakan lapangan kerja baru sebanyak 500 ribu untuk anak-anak muda," kata Sandiaga.

Lido yang berlokasi di Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor saat ini masih berproses untuk memenuhi 18 persyaratan ke pemerintah pusat sebagai sebuah KEK.

KEK Lido ditargetkan menyerap investasi 38 triliun, hingga 2038 ditargetkan akan menyerap 25 ribu tenaga kerja. KEK Pariwisata Lido tidak saja diharapkan menghidupkan ekonomi di sekitar Bogor Raya tapi juga sebagian wilayah di Sukabumi.



Simak Video "51 Napi Sukamiskin Positif COVID-19, Ini Dugaan Ridwan Kamil"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA