Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 24 Feb 2021 08:42 WIB

TRAVEL NEWS

Ketimbang Tutup Permanen Gegara Pandemi, Bar Ini Jadi RS Hewan

Femi Diah
detikTravel
Pub jadi rumah sakit hewan di Irlandia. (Photo by PAUL FAITH / AFP) / To go with AFP story by Joe STENSON
Seorang sukarelawan memberi minum Liam di bekas ppub di Irlandia. Foto: AFP/PAUL FAITH
Jakarta -

Bar dan pub di Irlandia ditutup setelah terimbas lockdwon karena virus Corona. Kini, bar dan pub itu dialihfungsikan sebagai rumah sakit satwa liar. Jadi yang pertama di Irlandia.

Bar dan pub itu Tara Na Ri, yang artinya Tara si Raja. Lokasinya di County Meath di barat laut Dublin. Pub itu ditutup sejak Maret 2020 untuk memutus penularan Covid-19.

Pub itu kosong dan berdebu saking lamanya tidak beroperasi. Tirai-tirai diturunkan. Bangku-bangku dibalik di atas meja. Tower bir mengering. Meja kasir kosong.

Pub jadi rumah sakit hewan di Irlandia. (Photo by PAUL FAITH / AFP) / To go with AFP story by Joe STENSONPub jadi rumah sakit hewan di Irlandia. (Photo by PAUL FAITH / AFP)

Ya, Irlandia menerapkan lockdown ketiga Covid-19 setelah lebih dari 4.000 orang meninggal karena infeksi. Angka itu lebih tinggi ketimbang saat lockdown pertama dan kedua. Petaka muncul setelah dilakukan pelonggaran penguncian usai libur Natal dan tahun baru.

Perdana Menteri Micheal Martin bahkan menggambarkannya sebagai "tsunami infeksi".

Tapi area di luar bar dan pub itu kini mulai berdenyut lagi. Di salah satu foto, seorang anggota staf memberi makan kepada Liam, seekor kambing liar Irlandia berusia dua minggu yang ditemukan di lereng gunung.

Tiga angsa bersarang di atas jerami di bekas kandang kuda, seekor rubah yang gugup menetap di kandang baru. Seekor elang bermata lebar sedang dirawat hingga sembuh.

"Kami sangat terbiasa dengan hanya satu cara hidup," kata James McCarthy, pemilik pub yang sudah berdiri lebih dari satu dekade itu, dan dikutip detikTravel dari AFP, Rabu (24/2/2021).

"Ketika cara itu sudah tidak bisa dilakukan lagi, hanya tinggal kekosongan yang tersisa. Perlu beberapa waktu sebelum mulai diganti dengan hal-hal lain yang sebelumnya tidak pernah Anda duga mungkin terjadi," dia menambahkan.

Pub jadi rumah sakit hewan di Irlandia. (Photo by PAUL FAITH / AFP) / To go with AFP story by Joe STENSONBar dan pub jadi rumah sakit hewan di Irlandia. (Photo by PAUL FAITH / AFP)

McCarthy memilih untuk menyerahkan area di luar pub kepada LSM yang didukung pemerintah dan berfokus kepada alam liar, Wildlife Rehabilitation Ireland (WRI).

Sementara itu, alih-alih mencoba untuk mengisi tower bir lagi bersamaan dibukanya RS hewan itu, McCarthy membuat usaha lain. Dia membuka kedai kopi dengan cuma melayani pelanggan lantatur di depan pub.

WRI di depan pub Tara Na Ri itu mulai dibuka Jumat (19/2). Itu menjadi rumah sakit hewan pertama di Irlandia yang sanggup merawat hewan dari berbagai spesies, ukuran, atau kebutuhan medis.

"Kami mempersiapkan diri untuk menyambut 'musim yatim piatu satwa liar yang biasanya merupakan waktu tersibuk kami dalam setahun," kata manajer RS hewan itu, Dan Donoher.

"Kami bisa saja mendapatkan banyak bayi burung atau bayi rubah dan satwa lainnya. Satwa-satwa liar itu akan menyibukkan kami selama enam bulan ke depan," dia menambahkan.



Simak Video "Pelaku Diduga Aniaya Satwa Langka Simpai di Sumbar Ditangkap!"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA