Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 26 Feb 2021 14:06 WIB

TRAVEL NEWS

Diplomat Rusia Pulang dari Korut Naik Kereta Troli, Kok Bisa?

Putu Intan
detikTravel
Diplomat Rusia Pulang dari Korea Utara Naik Kereta Troli
Foto: Facebook/Russian Foreign Ministry
Moskow -

Ada cerita unik ketika diplomat Rusia pulang dari Korea Utara. Mereka harus naik kereta troli yang didorong sendiri. Kenapa ya?

Diplomat Rusia bersama keluarganya terpaksa harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk keluar dari Korea Utara karena tengah dilakukan pembatasan transportasi.

"Karena perbatasan ditutup selama lebih dari setahun dan lalu lintas penumpang dihentikan, butuh perjalanan panjang dan sulit untuk pulang," kata Kementerian Luar Negeri Rusia melalui Facebook.

Mereka berdelapan, termasuk seorang anak berusia 3 tahun, harus menempuh perjalanan 32 jam menggunakan kereta. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan bus supaya sampai di perbatasan Rusia.

Setelah itu mereka juga masih harus melintasi perbatasan dengan berjalan kaki sembari mengangkat barang-barang ke kereta troli. Sesampainya di kereta troli, mereka harus mendorong sendiri kereta itu.

Kegiatan mendorong kereta troli ini terlihat dari foto dan video yang dirilis melalui akun Facebook Kementerian Luar Negeri Rusia. Di sana terlihat kumpulan koper dan tas serta para penumpang yang mendorong kereta di tengah udara dingin.

"Sekretaris Kedutaan, Vladislav Sorokin, menjadi 'mesin' troli itu," kata Kementerian Luar Negeri Rusia.

Sorokin harus mendorong troli ini sejauh lebih dari satu kilometer, melewati jembatan di atas Sungai Tumen yang membelah Rusia dan Korea Utara.

Sesampainya di stasiun perbatasan, mereka disambut pejabat kementerian. Lalu perjalanan dilanjutkan menggunakan bus ke Bandara Vladivostok.

Cerita diplomat Rusia ini mungkin hanya salah satu dari sekian banyak diplomat yang harus berjuang keluar dari Korea Utara. Selama 2020, jumlah diplomat asing di sana memang menurun karena banyak kedutaan besar negara Barat yang ditutup.

Bila diplomat ingin pulang ke negara asalnya, mereka pun harus bernegosiasi selama beberapa minggu agar bisa keluar dari sana. Sementara saat ini, pemerintah Korea Utara juga melarang sebagian besar perjalanan internasional dan sangat membatasi mobilitas dalam negeri.



Simak Video "Diplomat Rusia Pulang dari Korea Utara dengan Kereta Troli"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA