Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 03 Mar 2021 09:47 WIB

TRAVEL NEWS

Mau Haji Tahun Ini? Wajib Vaksin Dulu

Firdaus Anwar
detikTravel
In this photo released by the Saudi Media Ministry, limited numbers of pilgrims, move several feet apart, circling the cube-shaped Kaaba in the first rituals of the hajj, as they keep social distancing to help prevent the spread of the coronavirus, in the Muslim holy city of Mecca, Saudi Arabia, Wednesday, July 29, 2020. The hajj, which started on Wednesday, is intended to bring about greater humility and unity among Muslims. (Saudi Media Ministry via AP)
Jemaah Haji wajib vaksin terlebih dulu Foto: AP/STR
Jeddah -

Pemerintah Arab Saudi kini mewajibkan vaksinasi COVID-19 bagi jemaah haji di tahun 2021. Surat kabar Okaz menyebut hanya individu yang sudah divaksinasi saja yang dibolehkan untuk melaksanakan haji.

"Vaksinasi COVID-19 diwajibkan bagi mereka yang ingin datang melaksanakan haji dan jadi syarat utama izin masuk," tulis laporan dari surat edaran Kementerian Kesehatan Arab Saudi, seperti dikutip dari Reuters pada Rabu (3/3/2021).

Pelaksanaan haji pada tahun 2020 memang sempat terhambat oleh pandemi Corona. Arab Saudi membatasi hanya 1.000 jemaah dengan kriteria tertentu yang bisa melaksanakan haji demi mencegah penyebaran COVID-19.

Kala itu calon jemaah dari luar negeri tidak bisa mendapat izin masuk.

Arab Saudi dilaporkan sedang menyiapkan komite tenaga kesehatan khusus yang semua anggotanya juga sudah divaksinasi untuk mengawasi pelaksanaan umroh dan haji di tahun 2021.

Arab Saudi sampai saat ini masih menutup gerbangnya untuk pintu internasional dari Indonesia dan 19 negara lainnya. Penutupan dilakukan sejak 3 Februari pukul 21.00 waktu setempat.

Penutupan ini dilakukan karena adanya temuan varian baru virus corona yang lebih menular.

Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengumumkan penutupan penerbangan secara efektif berlaku mulai hari ini, Rabu (3/2) pukul 9 malam waktu setempat.

Selain Indonesia, Saudi juga menghentikan sementara penerbangan dari Uni Emirat Arab, Jerman, Amerika Serikat, Italia, Pakistan, Brasil, Inggris, Turki, Afrika Selatan, Prancis, Libanon, Mesir, India, dan Jepang.

Mengutip AFP, pengumuman itu muncul setelah Menteri Kesehatan Saudi Tawfiq al-Rabiah pada Minggu (31/1) memperingatkan bahwa mutasi baru virus corona kemungkinan akan berimbas pada pemberlakuan pembatasan jika warga dan penduduk tidak mematuhi protokol kesehatan.

Kendati demikian, diplomat dan pekerja kesehatan yang berasal dari negara-negara di atas akan tetap diperbolehkan masuk sesuai dengan tindakan pencegahan yang berlaku.

Sejak pandemi corona ditemukan, bukan pertama kali bagi Arab Saudi menutup sementara penerbangan dari luar negeri. Tahun lalu, Saudi memutuskan untuk menghentikan ibadah umroh dan haji karena pandemi corona. Arab Saudi rencananya akan membuka pintu penerbangan 17 Mei mendatang. Jadwal untuk umroh dan haji belum diketahui.



Simak Video "Kemenkes: Mei 2021, Calon Jemaah Haji Selesai Divaksinasi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA