Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 03 Mar 2021 17:14 WIB

TRAVEL NEWS

Nggak Pakai Nawar Sandiaga-Luhut Borong Kain Tenun Lombok

Putu Intan
detikTravel
Salah satu pengrajin yang bisa menghasilkan kain tenun dan songket khas Lombok ini adalah merupakan binaan CSR Garuda Indonesia. Mereka bisa menghasilkan puluhan kain tenun dan songket dalam waktu satu bulannya. Semua ini buat atas permintaan dari para pelanggan, Ujar Ratna salah seorang pemilik Aldys Songket, di Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Kamis (18/11/2014). Harga Tenun dan Songket itu sangat tergantung dengan tingkat kesulitan dalam proses membuatnya, bahan dan lama proses pembuatannya. Dari mulai yang berbahan Katun, Semi Sutra dan Sutra semua tersedia lengkap.
Ilustrasi tenun Lombok. Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Para pejabat tampak antusias membeli produk lokal Nusa Tenggara Barat (NTB) di Pameran Karya Kreatif Indonesia 2021. Termasuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomrves) Luhut Binsar Pandjaitan yang membeli kain tenun lombok.

Acara belanja itu dilakukan secara online dan offline pada Rabu (3/3/2021). Dalam kesempatan itu, sejumlah pejabat membeli produk-produk karya UMKM di NTB yang pembayarannya dilakukan menggunakan QR Code Indonesian Standard (QRIS).

QRIS adalah standardisasi pembayaran digital menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia. Tujuannya mempermudah transaksi menjadi lebih cepat, mudah, dan aman. Terutama di masa pandemi COVID-19 ini, di mana mobilitas masyarakat terbatas, mereka tetap bisa berbelanja secara online menggunakan QRIS ini.

Pejabat pertama yang berbelanja adalah Gubernur Bank Indonesia Perry Warijoyo. Ia memborong perhiasan emas, perak, dan mutiara dari UMKM Indah Mutiara Lombok.

"Ya boleh, borong semua saja itu. Mas Perry ambilah. Oleh-oleh buat ibu di rumah," kata Luhut.

"Atas saran Pak Menko (Luhut) dan sayang istri, saya beli semua itu," sahut Perry.

Setelah Perry, giliran Luhut yang berbelanja kain tenun lombok. Ia membeli dua kain dari UMKM Galang Songket.

"Boleh, dua-duanya sekaligus lah,"kata Luhut.

Kain yang dibeli Luhut merupakan kain tenun bermotif bulan dan keping besar. Kain tersebut merupakan produk khas Sukarara, Lombok Tengah.

Kemudian, Menparekraf Sandiaga Uno juga turut berbelanja kain tenun lombok. Ia membeli dua kain tenun khas Kembang Kerang Daya, Lombok Timur.

"Boleh, langsung bayar, capcus. Nggak usah pakai nawar," katanya.

Produk kain tenun yang dibeli Sandiaga merupakan tenun ikat dan bintang. Salah satu kain bermotif kembang berkuda yang melambangkan kejujuran dan persahabatan.

Selain itu, pejabat lainnya seperti Gubernur NTB Zulkieflimansyah, anggota Komisi XI Wartiah dan pejabat Bank Indonesia Doni yang turut berbelanja. Mereka membeli produk teh kelor hingga anyaman ketak yang juga khas Lombok.



Simak Video "Luhut: KPK Ini Super Sakti, Tapi OTT Nggak Bikin Jera!"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA