Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 03 Mar 2021 20:30 WIB

TRAVEL NEWS

Dapat Kucuran Modal, ITDC Gas Pembangunan KEK Mandalika

Vadhia Lidyana
detikTravel
sandiaga di Mandalika
Ilustrasi KEK Mandalika di Lombok (Masaul/detikTravel)
Mataram -

Pihak ITDC selaku pengembang Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika kembali tancap gas pembangunan di sana, usai dapat suntikan modal.

Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) mengucurkan modal senilai Rp 1,7 triliun untuk pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika atau The Mandalika. Kucuran modal ditujukan untuk Mandalika Urban Tourism Infrastructure Project (MUTIP) yang terdiri atas dua paket.

Kerja sama itu telah ditandatangani oleh AIIB dengan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang kawasan The Mandalika.

"Kami senang sekali bisa memulai lagi kontrak pekerjaan konstruksi infrastruktur di The Mandalika hari ini. Hal ini menunjukkan komitmen kami dalam mempercepat pembangunan The Mandalika khususnya melalui program MUTIP yang dibiayai oleh AIIB," kata Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer dalam keterangan resminya, Rabu (3/3/2021).

Sirkuit MotoGP Mandalika mulai diaspalSirkuit MotoGP Mandalika mulai diaspal (Dok. Istimewa/PT Wijaya Karya (Persero) Tbk)

Untuk paket I dalam MUTIP meliputi pekerjaan konstruksi infrastruktur dasar di area Barat dan Tengah The Mandalika yang akan dikerjakan oleh Joint Venture PT PP (Persero) - PT Wijaya Karya (Persero) - PT Bunga Raya Lestari (BRL) (JV PP-WIKA-BRL). Pengerjaan paket I telah ditandatangani oleh ITDC dengan JV tersebut dalam Kontrak Paket I.

Lebih rinci, Kontrak Paket I meliputi pekerjaan infrastruktur dasar antara lain pekerjaan jaringan jalan lengkap dengan drainase, box utilitas, lanskap dan penerangan jalan, pekerjaan normalisasi sungai berikut tempat evakuasi sementara dan pintu air, pekerjaan pembangunan fasilitas amenity core dan gerbang kawasan, serta pembangunan jaringan pipa air bersih, jaringan pipa air kotor dan jaringan pipa air irigasi berikut kelengkapannya.

"Melalui pekerjaan ini kami pastikan pembangunan infrastruktur di The Mandalika terus berjalan, paralel dengan pembangunan street circuit dan amenitas seperti hotel dan beach club," urainya.

Sementara, paket II akan dikerjakan oleh Joint Operation PT Hutama Karya (Persero) - PT Adhi Karya (Persero) (JO HK-ADHI), yang akan ditandatangani dengan ITDC pada pekan ini dalam bentuk Kontrak Paket II untuk pembangunan infrastruktur dasar di area Timur The Mandalika.

Paket II ini meliputi antara lain pembangunan sarana dan prasarana jaringan jalan, normalisasi sungai, pembangunan fasilitas amenity core, gerbang kawasan, dan konstruksi Masjid Area Timur, serta pembangunan jaringan pipa air bersih, jaringan pipa air kotor dan jaringan pipa air irigasi berikut kelengkapannya.

Penandatanganan kontrak pekerjaan konstruksi baik oleh JV PP-WIKA-BRL maupun JO HK-ADHI ini dilakukan setelah melalui proses pengadaan menggunakan metode international open competitive tender serta telah memenuhi ketentuan-ketentuan yang dipersyaratkan oleh AIIB sebagai bank pemberi pinjaman.

"Percepatan pembangunan ini juga kami pastikan untuk mempersiapkan kawasan The Mandalika menyambut normalisasi pariwisata setelah proses vaksinasi selesai," tutur Abdulbar.



Simak Video "Gowes Keliling Mandalika Bersama Citilink"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA